Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aqua Perkuat Pebisnis UMKM

Pabrikan air minum dalam kemasan Aqua memperkuat pebisnis mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur melalui pendirian koperasi simpan pinjam
Binaan Aqua./.Bisnis-Ratna Ariyanti
Binaan Aqua./.Bisnis-Ratna Ariyanti

PASURUAN-- Pabrikan air minum dalam kemasan Aqua memperkuat pebisnis mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur melalui pendirian koperasi simpan pinjam.

Di wilayah ini, Aqua memiliki dua pabrik, yaitu pabrik Pandaan dan Keboncandi. Program pemberdayaan UMKM ini merupakan bagian dari inisiatif bertajuk Aqua Lestari yang mulai diperkenalkan pada 2009. Selain pemberdayaan ekonomi, Aqua Lestari juga fokus ke sejumlah hal, termasuk konservasi sumber daya air dan Wash (water sanitation and hygiene).

Hari Wicaksono, Koordinator Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT Tirta Investama Pabrik Keboncandi menyebutkan perusahaan menginisiasi pendirian Koperasi Simpan Pinjam Tiga Serangkai Sejahtera.

"Awalnya kami hanya menerapkan model filantropi atau pemberian sumbangan. Namun, kami melihat agar program bisa berkesinambungan, kami perlu melakukan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi," ujar Hari, selepas kunjungan jurnalis ke pabrik Keboncandi, Selasa (16/5).

Aqua kemudian menginisiasi pembentukan koperasi pada 2013. Saat ini, koperasi memiliki sekitar 870 anggota aktif. Aqua berkolaborasi dengan lembaga Social Investment Indonesia (SII) dalam pengoperasian koperasi.

Pendampingan dilakukan untuk berbagai usaha, seperti batik, peternakan, pertanian organik, pengolahan makanan dan minuman, serta bengkel sepeda.

Pada tahun ini, koperasi juga akan memperluas pendampingan ke budidaya ikan koi di Desa Tenggilisrejo, wilayah yang kaya akan sumber daya air.

Hari mengatakan perusahaan akan mulai menghentikan pemberian modal dan bantuan pendanaan ke koperasi pada tahun depan.

"Kami akan fokus ke pelatihan dan pendampingan pemasaran, serta mengkaji perluasan usaha baru," katanya.

Pengkajian pendampingan usaha anyar dilakukan dengan mengedepankan kearifan lokal dan pemetaan sosial. Setelah itu, perusahaan beserta mitra juga menggelar diskusi kelompok terarah.

Adapun, perluasan pemasaran dilakukan dengan mengikutsertakan kelompok usaha binaan untuk mengikuti pameran. Pemasaran hasil pertanian organik, seperti beras dilakukan di Aqua Home Service, gerai penjualan produk Aqua dalam skala rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper