Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALAN TOL : Mojokerto--Jombang Berfungsi Saat Mudik Lebaran

PT Astratel Nusantara berencana membuka jalan tol MojokertoJombang secara fungsional untuk arus mudik Lebaran tahun ini.
Ruas tol Mojokerto seksi 3/dokumentasi
Ruas tol Mojokerto seksi 3/dokumentasi



Bisnis.com, JAKARTA — PT Astratel Nusantara berencana membuka jalan tol Mojokerto—Jombang secara fungsional untuk arus mudik Lebaran tahun ini.

Direktur PT Astratel Nusantara (Astra Infra) Wiwiek Santoso menyatakan, dari enam ruas tol yang dikelola oleh perseroan, jalan tol Cikopo—Palimanan (Cipali) dan Semarang—Solo akan menjadi tol tersibuk melayani pengguna jalan, sedangkan konstruksi Mojokerto—Jombang juga terus dikebut.

“Mungkin selama Lebaran kami fungsionalkan dulu saja yang seksi II sama yang seksi IV. Kalau yang seksi IV mungkin cuma satu lajur dulu,” ujarnya, Senin (8/5/2017).

Proses konstruksi untuk seksi II Jombang—Mojokerto Barat sepanjang 20,15 kilometer dilakukan secara simultan dengan konstruksi seksi IV Bandar—Batas Barat sepanjang 0,92 kilometer.

Wiwiek meyakini bahwa ruas tersebut dapat beroperasi seluruhnya setelah Lebaran tahun ini.

“Sebenarnya target kami akhir bulan ini selesai yang seksi I sampai III karena seksi IV enggak akan fungsional sebelum yang Solo selesai karena itu hanya sambungan ke tol Solo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pihaknya tengah mengebut proses pegadaan lahan jalan tol Trans-Jawa. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menyediakan jalan tol Trans-Jawa yang fungsional hingga Ngaliyan, di Semarang.

Dia menjelaskan, saat ini masih ada beberapa lokasi yang tanahnya belum bisa dibebaskan. Pihaknya optimistis bila proses pembebasan lahan tidak dapat diselesaikan hingga akhir bulan ini, jalur tol yang dapat difungsionalkan hanya sampai Weleri, lalu diarahkan untuk menggunakan jalan nasional.

“Tanah yang mau dieksekusi tanggal 8 [Mei], dan tanggal 26 untuk seksi III dan IV Kendal. Kalau ini bisa eksekusi sebelum tanggal 26 Mei, berarti waktunya tinggal 2 minggu—3 minggu lagi sampai H-10, padahal tanahnya masih sekitar 3 kilometer yang terbebas,” ujarnya.

Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah ruas tol untuk dapat fungsional pada Lebaran tahun ini. Beberapa di antaranya yaitu Trans-Jawa sepanjang 327 kilometer, yang membentang dari Brebes Timur hingga Ngaliyan sepanjang 145 kilometer dan Semarang hingga Surabaya sepanjang 227 kilometer.
Selain itu, sejumlah ruas Trans-Sumatra sepanjang 65 kilometer juga dinyatakan siap untuk dilalui saat Lebaran tahun ini. Ruas tersebut antara lain Bakauheni—terbanggi Besar paket 2 Sidomulyo—Kotabaru Segmen SS Kotabaru—SS Lematang, Palembang—Indralaya seksi I Palembang—Pamulutan, Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi Seksi II Bandara Kualanamu—Kota Sei Rampah, dan Medan—Binjai seksi III Helvetia—Semayang dan seksi III Semayang—Binjai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper