Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangunan Daerah, Mendagri Minta Pemda Perhatikan Kondisi Georafis

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan dalam merencanakan pembangunan yang ada di daerah, perlu memperhatikan ketersediaan data kondisi geografis yang ada di daerah.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 16 April 2017  |  07:00 WIB
Proyek pembangunan jalan tol. - Antara
Proyek pembangunan jalan tol. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan dalam merencanakan pembangunan yang ada di daerah, perlu memperhatikan ketersediaan data kondisi geografis yang ada di daerah.

Dia juga menyebutkan perlu untuk mempertimbangkan apakah kondisi daerah tersebut termasuk dalam kategori padat penduduk atau tidak, rawan bencana atau tidak.

“Ketersediaan data, mana daerah yang padat penduduk, kecamatan desa kelurahan mana yang pada penduduk,  geografis yang harus diliat,” katanya, dikutip dari laman Kemendagri, Sabtu (15/4/2017).

Disamping melihat faktor ketersedian data, Tjahjo juga menekankan untuk memperhatikan isu-isu strategis yang ada di daerah.

Tjahjo meminta adanya keterpaduan pada masalah yang berkaitan dengan prioritas dan program strategis nasional. 

Menurut dia, pemerintah daerah juga harus memperhatikan target pemerintah pusat seperti membangun Indonesia dari pinggiran sesuai dengan yang tercantum dalam Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

“Pak Presiden membangun  dari desa dan pinggiran ini, kita harus yakin  bisa berjalan dengan  baik dan percepatan  pembangunan akan bisa terwujud dengan baik,” tandas Tjahjo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri pembangunan daerah
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top