Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKI Dapat Otoritas Penuh dari Timor Leste

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa survei dan kelaikan kapal mendapatkan kepercayaan sebagai Recognized Organization/RO dari Pemerintah Republik Timor-Leste.
Kantor PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/Ilustrasi-Repro
Kantor PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/Ilustrasi-Repro

Bisnis.com, JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa survei dan kelaikan kapal mendapatkan kepercayaan sebagai Recognized Organization/RO dari Pemerintah Republik Timor-Leste.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan otorisasi penuh antara Direktur Utama BKI Rudiyanto dengan Direktur Direktorat Nasional Transportasi Laut, Kementerian Pekerjaan Umum, Transportasi, dan Komunikasi Timor Leste Lino Barreto, Minggu (19/2).

Penandatanganan yang juga disaksikan Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Transportasi, dan Komunikasi Republik Demokratik Timor Leste Inacio Moreira Freitas, itu sebagai salah satu bukti BKI melanjutkan langkahnya untuk go international melalui kepercayaan penuh yang diberikan oleh Pemerintah Timor-Leste.

"Bentuk kerjasamanya bahwa BKI akan bertindak atas nama Pemerintah Timor-Leste untuk melakukan sertifikasi kelaiklautan kapal berbendera Timor-Leste," ujar Direktur Utama BKI Rudiyanto, seperti siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin (20/2/2017).

Menurutnya dengan adanya kepercayaan penuh ini, maka Pemerintah Timor Leste mengkuasakan penuh sertifikasi kapal bendera Timor-Leste yang beroperasi di seluruh dunia agar dapat memenuhi regulasi keselamatan dan perlindungan lingkungan maritim, sesuai dengan standar tinggi yang berlaku internasional.

Kepercayaan ini, kata dia juga memaknai bahwa BUMN Indonesia juga memperoleh pengakuan dan sesuai dengan keinginan Menteri BUMN Rini Soemarno. "Tidak hanya Pertamina, Telkom, tetapi juga BUMN sertifikasi dalam hal ini BKI," terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengakuan dan kepercayaan ini menjadikan modal untuk mendapatkan kepercayaan otorisasi dari bendera lainnya seperti Panama, Thailand, dan juga peningkatan penugasan otorisasi dari Pemerintah Indonesia.

Sementara itu, sebagai informasi bahwa selama ini BKI juga telah mendapatkan statutoria penuh dari Pemerintah Mongolia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper