Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo Menggembirakan

PT Pabrik Gula Candi Baru, anak perusahaan PT.Rajawali Nusantara Indonesia (persero), yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, berhasil membukukan laba kotor senilai Rp3 miliar.
Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo
Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo

Bisnis.com, JAKARTA - PT.Pabrik Gula Candi Baru, anak perusahaan PT.Rajawali Nusantara Indonesia (persero), yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, berhasil membukukan laba kotor senilai Rp3 miliar pada tahun lalu di tengah kondisi kerugian yang dialami oleh pabrik gula lain yang beroperasi di Sidoarjo.

"Secara nasional, rendemen Pabrik Gula [PG] Candi Baru menduduki peringkat ke-15 pada kondisi iklim yang sangat ekstrem pada musim giling 2016," kata Direktur PT.PG Candi Baru, Warsito, Senin (6/2/2017).

Di Kabupaten Sidoarjo beroperasi 3 pabrik gula milik PTPN X yakni PG Kremboong, PG Watoetoelis dan PG Toelangan. Dari 4.000 hektar luas areal tebu di Sidoarjo, 2.000 hektar dari hasil tebu petaninya digilingkan ke PG Candi Baru.

Di awal pendiriannya pada 1932 oleh keluarga taipan The Goen Tjing, pabrik ini memiliki kapasitas giling 750 TCD dan sampai sekarang terus ditingkatkan hingga mencapai kapasitas terpasang 2.750 TCD.

Sejumlah prestasi yang berhasil dibukukan PG Candi Baru diantaranya sejak 2004 hingga 2016, selalu membukukan keuntungan.

Tingkat Kesehatan perusahaan dari tahun 2005 hingga 2015 adalah Sehat “AA” dan Sehat “AAA”. Hanya di tahun 2014 saja yang mendapatkan predikat Sehat “A”. Perolehan laba perusahaan sepuluh tahun terakhir hingga tahun 2015 berkisar antara Rp2,6 Miliar hingga Rp26,4 Miliar.

Kontribusi Pajak

Warsito menjelaskan setiap tahunnya perseroan menyetor pajak Rp20 miliar per tahun, produksi gula 33.000 ton per tahun, dan membuka kesempatan kerja bagi lebih dari 700 orang karyawan, belum termasuk masyarakat sekitar pabrik dan kebun tebu, sopir truk, tenaga tebang musiman  dan tenaga kerja lainnya.

Di bidang lingkungan, PG Candi baru berhasil mempertahankan proper biru tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2014.
Selain itu, di bidang pengelolaan perusahaan sudah mengantongi sertifikat ISO 9001:2008 tentang Standard Sistem Manajemen Mutu sejak tahun 2013.

"Kami memproduksi gula berstandar nasional dengan nomor: SNI 3140.3.2:2010, dan telah mendapatkan  sertifikat halal dari MUI".

Sejumlah penghargaan yang berhasil diraih PG Candi Baru antara lain tahun 2007 dan 2008 mengikuti  Karya Gula Produksi AGI, Award PG Terbaik III dari FMGI tahun 2008, Gold Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (AMMPI) tahun 2010, Platinum RNI Award 2009, Silver RNI Award 2010, dan Juara Harapan I RNI Award tahun 2013 dan 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper