Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

STABILISASI PANGAN: Toko Tani Indonesia Jual Cabai Rawit Rp60.000/kg

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) sepanjang 2017. Keberadaan TTI diharapkan dapat memangkas rantai pasok, sehingga harganya lebih murah dibanding harga pasar
Cabai rawit./.
Cabai rawit./.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) sepanjang 2017. Keberadaan TTI diharapkan dapat memangkas rantai pasok, sehingga harganya lebih murah dibanding harga pasar.

Di TTI Center Pasar Minggu, Jakarta Selatan, misalnya, cabai rawit dijual seharga Rp60.000/kg, cabai keriting Rp35.000/kg, bawang merah Rp27.000/kg, dan bawang putih Rp31.000/kg. Sementara di pasaran cabai rawit mencapai Rp150.000/kg dan cabai keriting Rp50.000/kg. Selain itu, masih ada beras, daging sapi, daging kerbau, gulapasir, dan bawang merah.

TTI Center Pasar Minggu hanya satu dari 23 TTI yang tersebar di DKI Jakarta. Masih ada 22 TTI lain yang tersebar mulai dari Jakarta Selatan (11 TTI), Jakarta Timur (6 TTI), dan Jakarta Barat (5 TTI).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman berharap dengan keberadaan TTI dapat memutus rantai pasok, serta memberikan harga yang menguntungkan di tingkat petani dan terjangkau oleh konsumen. Tahun ini, TTI memang masih difokuskan di area Jabodetabek, sebab Jakarta menjadi barometer bagi kota-kota yang lain.

"Bahkan nanti akan menyiapkan mobil khusus untuk keliling Jakarta mulai dari RT/RW, dari dusun ke dusun, ke rumah susun. Siapkan mobil itu dan mulai besok," instruksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper