Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aturan Benih Lobster, KKP Patok Harga Terendah Rp8.500 per Ekor di Nelayan

KKP tengah merampungkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Harga Patokan Terendah Benih Bening Lobster di Nelayan seharga Rp8.500 per ekor.
benih lobster/kkpnews-kkp.go.id
benih lobster/kkpnews-kkp.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah merampungkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Harga Patokan Terendah Benih Bening Lobster di Nelayan.

Kepala Biro Hukum KKP Effin Martiana menyampaikan, aturan tersebut sudah dalam tahap konsultasi publik. Dalam konsultasi publik ini, pemerintah menampung sejumlah masukan mengenai harga patokan terendah benih bening lobster atau benur di nelayan penangkap.

“Dari hasil survei lapangan dan kajian akademis, KKP menetapkan harga terendah sementara Rp8.500 per ekor,” ungkap Effin dalam keterangan resminya, Jumat (9/2/2024).

Effin mengungkapkan, nominal tersebut muncul dengan mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari biaya variabel produksi, biaya tetap produksi, hingga margin keuntungan.

Dalam draft rancangan Kepmen, turut disebutkan bahwa harga terendah dievaluasi paling sedikit satu kali dalam enam bulan, atau sewaktu-waktu jika diperlukan.

Dia menuturkan, dengan mengatur harga patokan terendah untuk komoditas benur, nelayanan memiliki jaminan agar tidak rugi saat menjual hasil tangkapannya.

Selain itu, regulasi ini mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya benur, dengan tetap memprioritaskan keberlanjutan ekosistem serta mendukung pembudidayaan benur di luar negeri dan di dalam negeri yang berasal dari tangkapan nelayan kecil.

KKP juga tengah menyiapkan rancangan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Penangkapan, Pembudidayaan, dan Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan. Rancangan Permen sedang dalam tahap menunggu harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper