Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Kapal Roro Buatan Lokal Diserahkan di Hari Pers Nasional

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Hari Pers Nasional (HPN) di Maluku, Sabtu dan Minggu (4-5/2). Diantara yang menjadi objek peninjauan Menhub Budi Harya adalah dua unit kapal ferry roro penyeberangan buatan dalam negeri.
Kapal roro di Bakauheni/wikipedia
Kapal roro di Bakauheni/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Hari Pers Nasional (HPN) di Maluku, Sabtu dan Minggu (4-5/2).

Diantara yang menjadi objek peninjauan Menhub Budi Harya adalah dua unit kapal ferry roro penyeberangan buatan dalam negeri. Dua unit kapal penyeberangan tersebut merupakan bantuan Pemerintah kepada Pemerintah Daerah Provinsi Maluku yang dibangun di galangan nasional PT Daya Radar Utama. Kedua kapal tersebut masing-masing adalah KMP Tanjung Sole dan KMP Lelemuku.

Rencananya, kapal tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), (9/2). “Kita akan melakukan penyerahan dua unit kapal penyeberangan kepada Pemerintah Daerah Maluku yaitu KMP. Lelemuku untuk Lintas Saumlaki-Adaut-Letwurung, dan KMP Tanjung Sole untuk Lintas Namlea – Waisala,” ujar Menhub.

Menurut Menhub, kapal ini akan dioperasikan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Kita ingin apa yang dikelola ini benar-benar terjadi, tidak mangkrak, melayani masyarakat, dan kinerjanya dapat memberikan keuntungan,” tegas Budi.

Menhub berharap kedua kapal dengan bobot mati 500 gross tonnage (GT) tersebut dapat melayani angkutan penyeberangan perintis dengan baik dan memaksimalkan kapasitas sebanyak 148 orang.

Kapal tersebut mampu melayani sebanyak 88 trip per tahun dengan kecepatan operasi 10 knot. “Saya berharap kedua kapal tersebut dapat memberikan nilai manfaat bagi masyarakat di Provinsi Maluku,” ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper