Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Ternate, Menhub Bahas Infrastruktur Transportasi Laut dan Udara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pihaknya bersama dengan jajaran pemerintah daerah Maluku Utara akan meningkatkan prasarana dan sarana transportasi di Maluku Utara

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pihaknya bersama dengan jajaran pemerintah daerah Maluku Utara akan meningkatkan prasarana dan sarana transportasi di Maluku Utara

Hal itu dinyatakannya dalam pertemuan dengan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba di Ternate, Sabtu (4/2/2017).

Budi mengatakan pertemuan tersebut difokuskan untuk membahas peningkatan infrastruktur transportasi laut dan udara. “Untuk program tol laut, sudah ada 1 kapal yang melayani satu bulan sekali dan pemerintah daerah minta agar rute tersebut diintensifkan disertai dengan peningkatan kualitas dan kuantitas,” paparnya dalam siaran pers Kementerian Perhubungan pada hari yang sama.

Untuk penyeberangan, lanjutnya, jajaran pemerintah daerah Maluku Utara meminta ada penambahan lintasan yang dilayani oleh PT. ASDP. “Saya sudah konfirmasi ke PT. ASDP dan mereka menyetujui akan menambah lintasan penyeberangan di Maluku Utara.”

Terkait pelayaran rakyat, Budi menjelaskan hal tersebut adalah kebutuhan masyarakat sehingga dia akan melakukan kajian apakah memungkinkan untuk memberikan subsidi untuk kapal semut tersebut. Dalam pertemuan tersebut, dia juga mengatakan bahwa jajaran pemerintah daerah Maluku Utara mengusulkan beberapa penambahan prasarana yaitu pembangunan bandara baru dan perpanjangan pelabuhan.

INVESTIGASI

Sementara itu, menanggapi peristiwa KM Mutiara Sentosa I yang terombang-ambing kehabisan bahan bakar di perairan sekitar Kepulauan Madura akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi, Budi menyatakan telah meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi untuk mengetahui penyebabnya, apakah memang ada faKtor kelalaian atau karena facKor cuaca.

“Kami sudah melakukan penyelamatan dan saat ini kapal tersebut sudah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak,” jelasnya. Budi mengatakan bahwa pada Februari, ombak sedang tinggi sehingga faktor alam lebih berperan dibandingkan faktor lainnya. “Tapi kami tidak membiarkan hal ini dan kami minta KNKT untuk melakukan investigasi.”

Akhir pekan ini, Menhub melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara untuk meninjau sarana dan prasarana transportasi di provinsi tersebut, diantaranya meninjau Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper