Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Janji Berikan Rp1 Triliun Untuk Pelra

Menteri Perhubungan berjanji akan mengucurkan subsidi Rp1 triliun secara bertahap dalam lima tahun ke depan untuk memajukan pelayaran rakyat.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 26 Januari 2017  |  19:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan berjanji akan mengucurkan subsidi Rp1 triliun secara bertahap dalam lima tahun ke depan untuk memajukan pelayaran rakyat.

Gagasan ini muncul untuk mereformasi sistem pelayaran nasional setelah tragedi KM Zahro Express awal tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan subsidi dengan jumlah Rp200 miliar per tahun mulai 2017. Rencananya, pemerintah akan memberikan subsidi ini bagi operator atau pemilik kapal rakyat untuk pembangunan kapal baru.

"Kita akan memberikan 100 kapal kepada pelayaran rakyat dengan subsidi tersebut," ujarnya, Kamis (26/1).

Dengan subsidi ini, armada pelayaran rakyat (pelra) akan lebih bersih, laik dan aman. Namun, dia menuturkan skema pemberian subsidinya harus dikoordinator dengan satu entitas. Adapun entitas yang diharapkan mengelola subsidi ini adalah koperasi. Nantinya, dia berharap koperasi yang mengkoordinir pemesanan kapal yang diperlukan kepada galangan lokal.

Akan tetapi, skema ini masih harus dimatangkan kembali, termasuk gagasan untuk menyubsidi operasional kapal.

Menhub mengaku telah melakukan dialog dengan pengusaha pelayaran rakyat (pelra). Terkait dengan jenis kapal, para pengusaha meminta agar kapal yang diberikan adalah kapal kayu karena ini bahan baku itu telah menjadi identitas budaya atau ciri khas pelayaran rakyat.

"Kalau kapal kayu eksotik harus dipertahankan, itu akan melestarikan kemampuan kita membuat kapal, dan itu selling point bagi tempat wisata di timur," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menhub pelayaran rakyat
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top