Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan Pasar Desa Diserahkan ke Koperasi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga meminta koperasi yang mulai diipercaya mengelola pasar desa atau pasar rakyat, untiuk bisa mengelola pasar desa dengan profesional.

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga meminta koperasi yang mulai diipercaya mengelola pasar desa atau pasar rakyat, untiuk bisa mengelola pasar desa dengan profesional.

“Sebagai pengelola pasar desa, koperasi harus mampu menciptakan setiap aspek peluang dalam tata kelola pasar sehinga bisa memberikan kontribusi pada pendapatan daerah dan menberikan peluang kesemoatan berusaha bagi masyarakat,” ujarnya dalam rilis yang diterima, terkait kunjungannya ke Kabupaten Malang, Selasa (24/1/2017).

Pasar desa atau pasar rakyat tersebut dikelola oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mulyo, Donomulyo kab Malang bekerjasama dengan pemerintahan desa setempat.

Menkop Puspayoga menjelaskan, aspek peluang tata kelola tersebut antara lain bidang keamanan, kebersihan, perparkiran sampai kuli panggul.

"Bidang-bidang tersebut hanya sebagian kecil saja Koperasi juga bisa mengakses peluang kerjasama dengan pihak lain seperti perbankan atau lembaga keuangan unruk mendukung modal usaha dari pedagang pasar," jelasnya.

Terhadap pedagang pasar, Puspayoga beeharap pedagang mampu memanfaatkan pasar rakyat yang pembangunannya dibiayai Kementrian Koperasi dan UKM ini."Utamakan yang dijual meeupakan produk lokal sehingga lkeberadaan pasar desa ini mampu mendukung perekokomian daerah,".

Dalam kesempatan tersebut Menkop dan UKM juga menyerahkan program strategis Kementrian yaitu pemberian Nomor Induk Koperasi (NIK), Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Hak Cipta, Akta Koperasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dana bergulir dan pelatihan kewirausahaan.

Sementara itu Bupati Malang Rendra Kresna menyatakan kehadiran Menkop dan UKM ke desa yang lokasinya berdekatan dengan pantai selatan Kab Malang ini menunjukkan pemerintah serius dalam menjalankan Nawa Cita khususnya membangun dari pinggiran.

"Saya sangat menghargai kedatangan pak Menkop ke pelosok Desa ini hanya untuk meresmikan pasar rakyat, ini adalah bukti konkrit tekad pemerintah untuk membangun dari desa," katanya.

Pasar Desa Sumberoto yang bangun dengan dana APBN memiliki kapasitas.100 PKL.. Rendra mengatakan kehadiran pasar rakyat di pusat pusat desa akan banyak.membantu menunjang perekonomian kab Malang yang memiliki jumlah penduduk 3,2 juta jiwa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper