Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REVITALISASI: Pasar Induk Batang Bakal jadi Percontohan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pembangunan pasar induk Batang, Jawa Tengah, bakal dijadikan sebagai percontohan revitalisasi pasar tradisional.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (tengah)/Bisnis.com-Miftahul Khoer
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (tengah)/Bisnis.com-Miftahul Khoer

Bisnis.com, BATANG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pembangunan pasar induk Batang, Jawa Tengah, bakal dijadikan sebagai percontohan revitalisasi pasar tradisional.

Saat meresmikan pasar tersebut, Kamis (22/12/2016), Enggar mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang sukses mewujudkan pasar tersebut dengan menggunakan APBD.

"Jarang sekali ada bupati berani membangun dan kemudian memindahkan pedagang pasarnya. Terimakasih kepada Bupati Batang telah membangun pasar ini, ini akan dijadikan percontohan bagi seluruh pasar-pasar di Indonesia," katanya di depan ratusan masyarakat Batang yang memenuhi area pasar induk tersebut.

Dia juga beberapa kali menyampaikan pujian secara langsung pada saat menginspeksi area pasar berlantai dua tersebut.

Beberapa poin yang diacunginya jempol yakni pemisahan lokasi barang dagangan basah seperti daging dengan barang kering, saluran untuk pasar basah, ventilasi hingga penerangan.

"Saat bupati meminta saya datang ke Batang untuk meresmikan Pasar Batang ini, saya tidak menduga pasarnya sebagus ini. Baru ini pasar tradisional modern yang dibangun sedemikian bagus dan tidak kalah dengan mal."

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo menyampaikan proyek pembangunan Pasar Induk Batang dilakukan selama dua tahun. Dia menuturkan banyak calon investor yang sempat menawarkan agar pembangunan pasar dilakukan dengan dana investasi mereka dalam bentuk pinjaman, tetapi ditolaknya.

"Kami menggunakan APBD murni sebanyak Rp67 miliar. Orang yang datang ke saya untuk merayu agar membangun pasar ini pakai dana mereka antre, tetapi saya tidak mau utang," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kemendag juga memberikan bantuan sarana perdagangan berupa 50 cool box, 50 tenda dan 50 gerobak kepada pedagangan pasar dan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper