Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Mobil 2016 di Surabaya Dorong Penerimaan Pajak Kendaraan

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jatim, Bobby Soemiarsono mengatakan sejumlah pameran mobil yang ada di wilayah itu dalam kurun 2016 mendorong penerimaan pajak kendaraan.
Suasana pameran otomotif/Ilustrasi-Bisnis
Suasana pameran otomotif/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA - Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jatim, Bobby Soemiarsono mengatakan sejumlah pameran mobil yang ada di wilayah itu dalam kurun 2016 mendorong penerimaan pajak kendaraan.

Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bahkan tercatat mampu terealisasi sebesar 95,89% dari target Rp5 triliun.

"PKB 2016 yang ditargetkan sebesar Rp5 trilun, sampai dengan akhir November 2016 telah terealisasi sebesar Rp4,79 trilun, atau sebesar 95,89%," kata Boby saat membuka pameran Automotif Surabaya Tahun 2016 dengan tagline "The Real Motor Show Since 2010" di salah satu pusat perbelanjaan Surabaya, Rabu (7/12/2016).

Bobby meminta sejumlah pengusaha agar sering menggelar pameran otomotif di wilayah Jatim, dan merata di berbagai daerah seperti Malang, Kediri, serta Banyuwangi agar mendorong pertumbuhan kendaraan dan ekonomi di berbagai daerah.

Dia menyebutkan pameran Automotif Surabaya 2016 yang kali ini digelar juga merupakan kegiatan yang mendorong perkembangan kendaraan baru di Jawa Timur, dan membantu penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor PKB dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

"Realisasi BBNKB sampai dengan akhir November 2016 sudah melebihi, yakni mencapai Rp3,369 triliun atau sebesar 102,1% dari target sebesar Rp3,3 triliun," paparnya.

Sementara itu, jumlah kendaraan bermotor di Jawa Timur sampai November 2016 tercatat sebanyak 16,9 juta unit, dan terdiri dari roda empat sebanyak 2,11 juta unit, dan roda dua sebanyak 14,97 juta.

"Setiap tahunnya diprediksi meningkat terus, seiiring dengan pembelian kendaraan baru oleh masyarakat, dan Jatim secara nasional berada pada peringkat tiga setelah DKI dan Jawa Barat," ujarnya.

Dia berharap, pameran Automotif Surabaya Tahun 2016 kali ini mampu mendongkrak pembelian kendaraan baru di Jawa Timur secara maksimal, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pameran Automotif Surabaya ini diharapkan dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Timur, yang berakibat pada penerimaan sektor PKB dan BBNKB," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper