Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Poin Utama Penguatan Buah Lokal

Kuantitas, kualitas, dan kontinuitas menjadi poin penting dalam penguatan posisi komoditas buah lokal.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 05 Desember 2016  |  20:54 WIB
Pedagang buah lokal. - Antara/Zabur Karuru
Pedagang buah lokal. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA-- Kuantitas, kualitas, dan kontinuitas menjadi poin penting dalam penguatan posisi komoditas buah lokal.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo) Khafid Sirotuddin mengatakan terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk memperkuat komoditas buah dalam negeri.

Hal tersebut memerlukan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan.

"Kualitas, kuantitas, dan kontinuitas merupakan unsur yang saling berkaitan," kata Khafid kepada Bisnis.com, Senin (5/12).

Terkait kuantitas, Khafid mengatakan hal tersebut guna memenuhi kebutuhan di daerah yang menjadi pasar utama komoditas tersebut. Menurutnya, saat ini jumlah buah yang tersedia  baru mencukupi kebutuhan beberapa daerah saja.

"Saat pengiriman dari sentral industri buah ke daerah terjadi penurunan jumlah yang sampai karena adanya kerusakan sangat pengiriman."

Terkait kerusakan saat pengiriman, hal tersebut menurut dia menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, rata-rata pengiriman antar satu titik memakan waktu 7--10 hari.

"Oleh karena itu penting bagi produsen untuk meningkatkan teknologi dengan dukungan dari pemerintah terkait fasilitas di sentral industri buah-buahan," jelas Khafid.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah impor buah lokal
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top