Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Ingin Koperasi Terlibat Pengelolaan Konsesi Hutan

Presiden Joko Widodo menginginkan model pemberian konsesi pengelolaan hutan harus bermanfaat untuk masyarakat setempat.
Ilustrasi hutan/istimewa
Ilustrasi hutan/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginginkan model pemberian konsesi pengelolaan hutan harus bermanfaat untuk masyarakat setempat. Oleh karena itu, Presiden mendorong koperasi untuk masuk dalam pengelolaan konsesi hutan.

"Jangan kembali kita memberikan konsesi-konsesi yang besar kepada korporasi. Kalau memberikan manfaat oleh rakyat, silakan. Tapi kalau tidak, geser pemberian itu kepada koperasi, kepada perorangan," kata Kepala Negara usai melakukan penanaman pohon di Tuban, melalui siaran pers, Senin (28/11/2016).

Sebagai informasi, kegiatan penanaman pohon secara serentak tersebut dilakukan oleh para petani yang bekerja sama dengan Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (KOPRABUH).

"Saya senang sekali model penanaman pohon yang dilakukan pada hari ini dilakukan oleh koperasi, oleh KOPRABUH. Selain memperbaiki lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat bagi rakyat," terangnya.

Sebelum memberikan sambutan dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo turun langsung dan ikut menanam bersama dengan sekitar 5.500 peserta penanaman pohon yang dicatat dalam Rekor Dunia Guinness.

Hasil audit pihak Guinness kemudian menyebut bahwa sebanyak 237.000 batang pohon berhasil ditanam dalam waktu satu jam. Rekor tersebut memecahkan rekor yang sebelumnya telah dibuat di Filipina dengan jumlah 223.000 batang pohon.

Saat penanaman, Presiden bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawalinya dengan turut menanam pohon jati untuk kemudian diikuti oleh seluruh masyarakat yang turut serta.

Selain itu, turut diberikan trofi penghargaan Penanaman Pohon tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah yang berkontribusi dalam menggalakkan penanaman pohon di daerahnya masing-masing. Adapun yang menerima trofi penghargaan tersebut ialah:

1. Gubernur Jawa Timur
2. Plt. Gubernur Aceh
3. Gubernur Sulawesi Utara
4. Bupati Cilacap
5. Bupati Kuningan
6. Bupati Lampung Timur
7. Walikota Cimahi
8. Walikota Metro
9. Walikota Balikpapan


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper