Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Ciputra Pinggan Amblas, Pengandaran Fungsikan Jembatan Darurat

Pembangunan jembatan darurat berupa jembatan bailey untuk menggantikan sementara Jembatan Ciputra Pinggan yang amblas pada 9 Oktober lalu akibat banjir di Kabupaten Pangandaran kini telah berfungsi dan dapat dilalui oleh masyarakat maupun kendaraan bermotor roda dua dan empat.
Ilustrasi Jembatan Darurat. /Antara
Ilustrasi Jembatan Darurat. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan jembatan darurat (bailey) untuk menggantikan sementara Jembatan Ciputra Pinggan yang amblas pada 9 Oktober lalu akibat banjir di Pangandaran telah berfungsi dan dapat dilalui oleh masyarakat maupun kendaraan.

Jembatan bailey adalah jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah (movable) dan strategis dalam menunjang pembangunan di pelosok daerah yang sulit dijangkau dan sangat cepat pemasangannya untuk membantu daerah rawan bencana alam.

Adapun untuk pembangunan jembatan permanen pengganti Jembatan Ciputra Pinggan akan dilakukan pada Tahun Anggaran (TA) 2017.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Bambang Hartadi mengatakan bahwa jembatan bailey sementara di lokasi Ciputra Pinggan, Pangandaran, telah berfungsi, sementara untuk pembangunan jembatan permanennya saat ini sedang finalisasi desain.

Alhamdulillah jembatan bailey sementara di lokasi Ciputra Pinggan, Pangandaran telah berfungsi, untuk jembatan permanennya saat ini masih finalisasi desain dan direncanakan dilelang sehingga pelaksanaan dapat dilakukan pada TA 2017,” ujarnya, Rabu (23/11/2016).

Menurutnya, jembatan bailey tersebut dapat dilintasi kendaraan dengan berat maksimum 20 ton. Untuk penanganan jembatan permanen, akan dibuat dengan jembatan rangka, dengan bentang 55 meter supaya pelaksanaannya cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper