Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Ingin Jadi Produsen Ikan Hias Utama Dunia 2019

Indonesia berambisi menjadi produsen ikan hias nomor satu di dunia pada 2019 dari saat ini berada di posisi empat.

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia berambisi menjadi produsen ikan hias nomor satu di dunia pada 2019 dari saat ini berada di posisi empat. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kelautan dan Perikanan Zulficar Mochtar mengemukakan tiga hal untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen ikan hias nomor satu di dunia, yakni mengenal dan menguasai perdagangan ikan hias secara internasional, memahami konstelasi internal (data, perizinan, kemitraan), dan strategi (roadmapbusiness plan, rencana aksi).
 
Zulficar menyebutkan beberapa langkah diperlukan. Pertama, mempercepat penyusunan roadmap dan rencana aksi nasional (RAN) menuju RI sebagai produsen Ikan Hias nomor satu dunia.
 
Kedua, mengonsolidasikan kekuatan untuk mengimplementasikan roadmap dan RAN tersebut, temasuk membentuk komisi multipihak, memperkuat komitmen, mengefisiensikan proses perizinan ikan hias, memperkuat jaringan transportasi, konsolidasi data dan informasi, optimasi promosi, meningkatkan produksi dan mutu, serta mendukung praktik perikanan ikan hias yang berkelanjutan. 
 
“Diperlukan sinergi antar pemerintah dan seluruh stakeholder ikan hias untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya dalam siaran pers, Senin (14/11/2016).
 
Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan (Puslitbangkan) Hari Eko Irianto mengatakan Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia untuk ekspor ikan hias air tawar dan urutan ke-3 untuk ikan hias air laut. 
 
Menurutnya, program memajukan ikan hias Indonesia juga untuk membentengi agar   daftar ikan hias lokal Indonesia yang masuk Appendix tidak bertambah panjang.
 
"Jangan sampai menambah jumlah jenis ikan hias Indonesia yang terancam punah, dan jangan sampai ikan hias asli Indonesia diklaim asalnya dari negara lain," ujar Hari.
 
Berdasarkan data perdagangan ikan hias UN Comtrade, produksi ikan hias Indonesia terus mengalami peningkatan pada rentang 2009-2013 yang menempatkan Indonesia sebagai produsen ikan hias peringkat empat dunia. Bahkan dalam dua dekade terakhir, Indonesia merupakan eksportir penting untuk perdagangan ikan hias dunia. 
 
Keanekaragaman hayati ikan hias Indonesia sangat tinggi. Indonesia tercatat memiliki 400 spesies ikan hias air tawar dan 650 spesies ikan hias air laut serta masih banyak spesies ikan hias yang belum teridentifikasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper