Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalimantan Timur Canangkan Tanam Jagung Serentak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mencanangkan penanaman jagung serentak yang dipusatkan di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri)./Bisnis-Oktaviano DB Hana
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri)./Bisnis-Oktaviano DB Hana

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mencanangkan penanaman jagung serentak yang dipusatkan di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

"Lokasi pencanangan penanaman jagung serentak sudah kami persiapkan yakni di Desa Karang Dayu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser dengan luas keseluruhan 1.000 hektare yang termasuk dalam anggaran murni," kata Kepala Dinas Pertanian Kaltim H Ibrahim, di Kabupaten Paser, Senin (7/11/2016).

Pencanangan penanaman jagung secara serentak di Kabupaten Paser itu, kata Ibrahim, dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Awang Faroek Ishak ke wilayah bagian Selatan Provinsi Kaltim.

Selain mencanangkan penanaman hagung serentak di seluruh wilayah Kaltim, Awang Faroek, lanjut Ibrahim, juga meninjau sejumlah proyek yang telah dilaksanakan di daerah itu.

Selain di Kabupaten Paser, penanaman jagung tambah Ibrahim, juga dilaksanakan di Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara serta di beberapa kabupaten/kota lainnya dengan luas areal penanaman secara keseluruhan lebih 5.000 hektare.

"Begitu juga pada anggaran perubahan, akan dilakukan penanaman pada lahan 5.000 hektare. Jika bisa berhasil menyelesaikan dua anggaran tersebut, maka pada 2017, Kaltim akan mendapatkan lagi 27.000 hektere," ujarnya.

"Kami berharap, apa yang dilakukan ini bisa berjalan sukses, sehingga nantinya bisa dilanjutkan tahun depan dengan luas areal yang lebih besar," ucap Ibrahim.

Pada pencanangan penanaman jagung itu kata Ibrahim, Gubernur Kaltim juga menyerahkan bibit jagung kepada petani dan menyerahkan tiga unit traktor untuk pengelohan tanah khusus jagung.

Pada kunjungan kerja ke wilayah bagian Selatan tersebut tambahnya, Gubernur Kaltim juga menyerahkan 50 unit rumah untuk Komunitas Adat Terpencil di Kabupaten Paser, penyerahan bantuan sosial terencana baik untuk veteran, janda veteran maupun untuk penyandang disabilitas.

Gubernur Kaltim lanjutnya, juga melakukan penanaman bibit pohon jagung di Daerah Aliran Sungai (DAS) baik di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Paser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper