Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INTERIOR RUMAH: Tip Bikin Ruang Khusus Kerja di Rumah dengan Low Budget

Bekerja di rumah pun akan lebih nyaman dengan kehadiran ruangan khusus. Ikuti tips di bawah ini, maka Anda bisa mewujudkannya tanpa mengeluarkan biaya besar alias low budget.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Oktober 2016  |  11:04 WIB
Bekerja di rumah lebih nyaman.  -  Urbanindo
Bekerja di rumah lebih nyaman. - Urbanindo

Selain lebih fokus, bekerja di rumah pun akan lebih nyaman dengan kehadiran ruangan khusus. Apakah Anda juga menginginkannya? Ikuti tips di bawah ini, maka Anda bisa mewujudkannya tanpa mengeluarkan biaya besar alias low budget.

1. Buat Perencanaan
Langkah awal sebelum mendesain serta mendekorasi ruangan sebagai tempat bekerja adalah melakukan perencanaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar budget tetap terkontrol dan seluruh barang yang dibutuhkan tepat guna.

Buatlah daftar perabot, perlengkapan, hingga aksesori yang dibutuhkan untuk ruang bekerja tersebut. Jangan lupa perhitungkan biaya tukang yang akan mengerjakannya.

2. Pilih Desain Minimalis
Konsep desain minimalis sangat mengedepankan kesan simpel dan tata ruang yang tidak meriah. Nah, jika Anda memilih desain minimalis untuk ruangan kerja, tentu tidak banyak perabot serta dekorasi yang dibutuhkan.

Hal ini akan berpengaruh pada pengeluaran Anda, lho! Namun, juga Anda harus selektif dalam memilih apa yang akan dimasukkan ke dalam ruangan kerja. Jangan sampai ruangan tersebut tampak tak menarik juga tidak nyaman untuk ditempati.

3. Gunakan Produk Lokal
Selain mengusung konsep minimalis, Anda bisa memilih furnitur produksi lokal dibandingkan impor. Jangan salah! Walau harganya relatif lebih murah, banyak perabot lokal yang kualitasnya tidak murahan, lho.

Tidak hanya itu, produk-produk lokal juga kini banyak yang memiliki desain menarik dan mengikuti zaman. Patut Anda jadikan pertimbangan, nih.

4. Perabot Alternatif
Jika budget yang Anda miliki tidak terlalu besar, ada pilihan alternatif yang bagus dan menarik. Gunakan saja perabot bekas atau elemen dekorasi hasil daur ulang. Anda bisa cari barang-barang bekas ini ke toko loak kemudian mempercantiknya kembali. Misalnya, meja bekas yang dicat ulang, kursi yang dudukannya diganti, dan lainnya.

Anda juga bisa membuat aksesori ruang kerja lainnya secara mandiri. Contohnya, botol bekas yang diubah jadi vas atau kardus-kardus untuk menyimpan peralatan kerja. Menarik, ‘kan?

5. Produk Elektronik Multifungsi
Selain perabot serta aksen-aksen dekorasi, ruang kerja Anda pun membutuhkan peralatan elektronik seperti komputer dan printer. Agar uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, cobalah pilih peralatan elektronik multifungsi. Sebagai contoh: printer yang merangkap mesin scanner, fotokopi, serta mesin fax. Selain lebih murah, ruang kerja pun tidak akan terlalu penuh karena diisi banyak barang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Trik Properti Desain Interior

Sumber : UrbanIndo.com

Editor : Setyardi Widodo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top