Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hankook Tire Genjot Brand Awareness Konsumen Indonesia

Hankook Tire, produsen ban mobil premium asal Korea Selatan, menggenjot keterkenalan merek Hankook di pasar Asean, khususnya Indonesia, guna mampu meningkatkan penjualan serta keberlanjutan bisnis di persaingan global.

Bisnis.com, SEOUL—Hankook Tire, produsen ban mobil premium asal Korea Selatan, menggenjot keterkenalan merek Hankook di pasar Asean, khususnya Indonesia, guna mampu meningkatkan penjualan serta keberlanjutan bisnis di persaingan global.

Investasi sektor pemasaran perusahaan yang telah memiliki pabrik ban dengan kapasitas produksi sebanyak 11 juta unit per tahun di Indonesia ini menjadi mutlak.

Setidaknya, untuk kawasan Asean, India dan Asia Pasifik pertumbuhan investasi pemasaran mencapai 7% pada 2017, sementara untuk pertumbuhan keseluruhan regional hanya berkisar 4,4%.

Vice President Global Marketing Strategy Divition Hankook Tire Seung Bin Lim mengungkapkan pasar Asean dan Indonesia belum memberikan kontribusi penjualan yang memuaskan, tetapi memiliki potensi pasar yang besar.

Dari total penjualan tahun lalu senilai 6.428,2 miliar KRW, Asean dan India hanya menyumbang 3%. Jauh di bawah Eropa sebagai regional penjualan terbesar dengan persentase 36%, diikuti Amerika (25%), Korea (14%), Asia Pasifik dan Timur Tengah (13%), serta China (10%).

“Potensinya [Asean] sangat besar, sekarang kami fokus untuk mendorong brand awareness. Kalau sudah meningkat keterkenalannya, maka hasil produksi dari Indonesia akan memenuhi pasar sekitar,” tuturnya dalam Hankook Tire Press Day 2016.

Dari kapasitas produksi yang diharapkan mencapai 103 juta pada 2016, pabrik di Indonesia menghasilkan 11 juta ban per tahun. Hasil produksi pabrik Hankook di Cikarang ini, terserap oleh pasar Amerika Utara, Timur Tengah.

Tidak hanya itu, hasil produksi dari pabrik yang mulai dibangun pada 2013 ini, juga melayani hub bisnis regional untuk pasar berkembang seperti, Asia Tengah Amerika Selatan hingga Afrika.

Selain di Asean, penetrasi investasi pemasaran Hankook Tire tampak dari kerja sama yang dijalin dengan klub sepakbola Real Madrid, Borussia Dortmund dan cabang olah raga lainnya.

Seung menambahkan pihaknya tetap akan fokus menggarap segmen pasar premium, mobil hybrid, hingga mobil listrik. “Kami sudah mengembangkan ban yang sesuai untuk mobil hybrid dan plug in. Selain itu, kerja sama untuk penjualan original equipment Hankook telah dijalin dengan Mercedes Benz C-Class, Ford C-Max, dan lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper