Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink Operasikan Airbus A-320Neo Awal 2017

Citilink Indonesia mulai mengoperasikan pesawat keluaran terbaru Airbus, yaitu seri A320neo per Januari 2017 dan akan menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat tersebut.
Citilink/Ilustrasi
Citilink/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia mulai mengoperasikan pesawat keluaran terbaru Airbus, yaitu seri A320neo per Januari 2017 dan akan menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat tersebut.

Direktur Utama Citilink Indonesia Albert Burhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan keluaran terbaru Airbus yaitu seri A320neo sebagai salah satu upaya Citilink untuk melakukan ekspansi bisnis ke Timur Indonesia dan regional.

"Armada pesawat Airbus A320neo kami akan tiba mulai Januari 2017 mendatang. Dengan ditambahkannya Airbus A320neo ke dalam jajaran armada pesawat kami, Citilink akan menjadi maskapai pertama di Indonesia yang memiliki pesawat seri ini," ucapnya.

Albert menjelaskan Airbus A320neo dipilih karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan ekspansi Citilink ke wilayah Timur Indonesia.

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, menurut dia, A320neo yang diperuntukkan untuk penerbangan jarak dekat - menengah memiliki keunggulan di mesinnya yang lebih modern dan hemat bahan bakar.

Albert menyebutkan penghematan bahan bakar ini bisa mencapai 20 persen dan menghemat biaya operasional hingga delapan persen.

"Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320neo memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya, membuatnya cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota 'hub' penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera," tuturnya.

Selain untuk ekspansi bisnis ke Timur Indonesia, Albert mengatakan pesawat Airbus A320neo Citilink juga akan digunakan untuk penerbangan carter ke Tiongkok, sehingga dapat mengurangi transit dan menghemat waktu perjalanan.

Dia menilai pesawat Airbus A320neo merupakan salah satu tipe pesawat favorit untuk penerbangan jarak dekat - menengah.

Airbus A320neo kerap menjadi pilihan atau referensi utama bagi maskapai-maskapai penerbangan berbiaya murah di seluruh dunia.

Tercatat lebih dari 80 maskapai telah masuk dalam daftar pemesan pesawat Airbus berbadan sedang atau "narrow body" keluaran terbaru itu.

"Citilink Indonesia akan mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320neo hingga tahun 2018," tambahnya.

Citilink saat ini memiliki 39 armada pesawat yang seluruhnya merupakan Airbus A320.

Albert mengatakan untuk mengakomodasi permintaan dan kebutuhan penerbangan, ke depannya Citilink berencana untuk terus menambah armada Airbus A320neo yang akan dilakukan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper