Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SCI Kembangkan Pelatihan Sertifikasi Manager Supply Chain

Supply Chain Indonesia tengah mengembangkan program pelatihan persiapan sertifikasi kompetensi profesi Supply Chain (SC) di level manajerial
Ilustrasi./.cemat.de
Ilustrasi./.cemat.de

Bisnis.com, JAKARTA- Supply Chain Indonesia tengah mengembangkan program pelatihan persiapan sertifikasi kompetensi profesi Supply Chain (SC) di level manajerial.

Chairman Supply Chain Indonesia Setijadi mengatakan program pelatihan ini dilakukan untuk mendukung sertifikasi di bidang logistik.

"Seperti diketahui sertifikasi kompetensi ini memastikan bahwa pemegang sertifikat tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dalam bidang logistik, termasuk sebagai SC Manager," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (6/9/2016).

Sertifikasi bagi profesi di bidang logistik ini akan dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi - Logistik Insan Prima (LSP-LIP) yang telah terlisensi
oleh BNSP.

Dari kenyataan ini, SCI melihat jabatan posisi SC Manager merupakan salah satu posisi yang penting dan membutuhkan keterampilan sehingga perlu mendapatkan perhatian dalam era globalisasi.

"Pelatihan akan menggunakan materi-materi konseptual dan praktis yang perlu dikuasai untuk posisi atau jabatan SC Manager berdasarkan skema SKKNI Bidang Logistik," paparnya.

Untuk bidang logistik, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan BNSP telah menetapkan Skema Sertifikasi Kompetensi Profesi Okupasi Nasional Indonesia Sektor Logistik mencakup Warehouse Operator, Logistics Administrative Officer, Warehouse Supervisor,
Freight Forwarder, Supply Chain Manager, dan Truck Driver (Driving Operation).

Penetapan tersebut bertujuan untuk memberikan sertifikasi kualifikasi kompetensi sektor transportasi dan logistik yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan ASEAN Qualification Referencing Framework (AQRF) bagi tenaga kerja yang memenuhi persyaratan dan pemeliharaan kompetensi profesi.

"Sertifikasi kompetensi diperlukan untuk mewujudkan the right man with the right competencies dalam pemenuhan tugas dan tanggung jawab pada bidang pekerjaan atau profesi tertentu sesuai dengan tuntutan perusahaan dan lingkungan bisnis."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper