Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: 6 Cara Ini Bisa Bikin Anda Lebih Betah Tinggal di Indekos

Para perantau yang tinggal di indekos alias kos-kosan seringkali merasa kurang nyaman dengan kamar yang ditempatinya. Luas ruangan yang kecil, warna dinding yang tidak sesuai dengan selera, hingga penataan menjadi masalah yang sering dihadapi.
Tidak ada yang lebih menarik selain memberikan sentuhan dekorasi pada kamar tidur. /urbanindo
Tidak ada yang lebih menarik selain memberikan sentuhan dekorasi pada kamar tidur. /urbanindo

Bisnis.com, JAKARTA - Para perantau yang tinggal di indekos alias kos-kosan seringkali merasa kurang nyaman dengan kamar yang ditempatinya. Luas ruangan yang kecil, warna dinding yang tidak sesuai dengan selera, hingga penataan menjadi masalah yang sering dihadapi.

Apakah Anda merasakan hal-hal terseut? Jika ya, Anda bisa menyulap indekos layaknya kamar pribadi di rumah dengan melakukan cara di bawah ini.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah memerhatikan kebersihan serta kerapian kamar indekos. Jika kedua hal tersebut rutin dilakukan setiap hari, dijamin Anda akan terbebas dari rasa jenuh serta stres.

Sapu, pel, bersihkan debu, serta tempatkan barang-barang yang berceceran kembali dalam posisi semula. Anda pun bisa melengkapi ruangan tersebut dengan minyak aromaterapi atau pewangi untuk suasana yang relaks.

  • Pilih Perabot Minimalis

Kamar berukuran kecil sangat tepat diisi dengan perabot-perabot minimalis. Desainnya yang simpel, dapat membuat kamar tidak terlalu penuh. Selain itu, sesuaikan jumlah perabot dengan kebutuhan Anda di kamar kosan. Melakukan hal tersebut tentu akan menjadikan ruangan tidak penuh dan sempit.

  • Atur Letak

Langkah selanjutnya adalah memerhatikan tata letak perabot-perabot minimalis tersebut di dalam kamar. Menaruh mereka pada dinding atau saling berdempetan akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Atur furnitur kamar, seperti tempat tidur, lemari, meja belajar, dan rak buku pada sudut-sudut ruangan. Jika masih bingung, ayo coba cari inspirasi dan referensi desain kamar mungil dan minimalis di internet!

  • Tata Barang

Bukan hanya mengatur letak perabot, Anda pun harus menimbang-nimbang penataan barang lain yang mengisi kamar indekos. Baju, sepatu, aksesori, buku-buku, dan lainnya tentu akan sangat berantakan jika tidak ditempatkan dengan baik.

Simpan barang-barang tersebut di dalam boks atau kontainer plastik agar lebih terorganisir. Misalnya, untuk aksesori, Anda bisa menggantungnya di dalam lemari baju dengan menggunakan paku. Lalu untuk alat tulis, cukup tempatkan di dalam gelas-gelas kecil yang diletakkan di atas meja belajar.

Tidak perlu membli mahal-mahal, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan barang-barang bekas di sekitar, lho!

  • Beri Dekorasi

Tidak ada yang lebih menarik selain memberikan sentuhan dekorasi pada kamar tidur, apalagi jika tampilannya sangat Anda sukai. Agar tidak memenuhi kamar, pilihlah dekorasi berbentuk minimalis dan bersifat efisien dalam penempatan.

Sebagai contoh, gunakan seprai serta bed cover dengan warna favorit yang dihiasi motif-motif kekinian. Dekorasi yang tidak memakan tempat tentu akan membawa perubahan warna secara sekejap pada indekos Anda.

  • Taruh Foto Keluarga

Terakhir, taruhlah benda-benda yang memiliki nilai emosional di dalam kamar. Anda bisa menempatkan atau menggantungkan foto keluarga di dekat tempat tidur. Benda atau dekorasi semacam itu akan mengobati rasa rindu terhadap keluarga yang jauh di sana.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda agar lebih betah dan nyaman tinggal di indekos, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Urbanindo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper