Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minat Investasi di JIIPE Meningkat pada Semester II/2016

Pembangunan perumahan, ruang komersial, perkantoran dan fasilitas lain berjalan seiring dengan pembangunan kawasan industri.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 10 Agustus 2016  |  23:54 WIB
Minat Investasi di JIIPE Meningkat pada Semester II/2016
Kawasan industri - Ilustrasi/Jabarprov.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menyatakan minat investor di Java Integrated Industrial and Port Estate meningkat signifikan pada semester II/2016.

Direktur PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) Suresh Vembu mengatakan pembangunan tahap I di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) berjalan sesuai jadwal.

“Proses pembangunan kawasan industri PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) sesuai jadwal. Infrastruktur siap dan dua pabrik sedang dalam konstruksi,” katanya kepada Bisnis, Rabu (10/8/2016).

Dua pabrik yang sedang dalam proses konstruksi adalah milik Clariant dan Unichem. Clariant mendirikan pabrik produk berbasis bentonit yang digunakan sebagai bahan baku makanan hingga peleburan metel. Adapun Unichem mendirikan pabrik refinasi garam.

Vembu menambahkan proses pembangunan perumahan, ruang komersial, perkantoran dan fasilitas lain berjalan seiring dengan pembangunan kawasan industri.

PT Pelindo III (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) adalah pemegang saham utama JIIPE. Kawasan yang berlokasi di Gresik tersebut bisa menyerap hingga 100.000 tenaga kerja setelah beroperasi penuh.

Kawasan dengan luas 2.933 hektare dan menghabiskan investasi hingga Rp50 triliun tersebut mencakup pembangunan infrastruktur logistrik berupa pelabuhan, jaringan kereta api, dan jalan tol.

Pelabuhan Manyar dengan luas 406,1 hektare dan bisa melayani kapal berukuran besar telah beroperasi sejak Januari 2015, sedangkan koneksi kereta api dan jalan tol masih dalam proses perencanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

java integrated industrial and port estate atau jiipe akr corporindo
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top