Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdagangan Bebas: RI-Australia Sepakat Aktifkan Kerjasama IA-BPG. Ini Sektor yang Dibidik

Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo bertemu dengan Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita untuk membahas kesepakatan yang belum tuntas soal perdagangan bebas.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo bertemu dengan Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita untuk membahas kesepakatan yang belum tuntas soal perdagangan bebas.

Negosiasi untuk Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) diluncurkan kembali awal tahun ini. Adapun, pertemuan kedua menteri yang dihelat di Jakarta pada Selasa (2/8/2016) itu bertujuan membantu kemajuan baik yang sudah dicapai.

“Hasil awal yang signifikan dari IA-CEPA adalah diaktifkannya Indonesia-Australia Business Partnership Group [IA-BPG],” kata Steven dalam pernyataan resminya yang dilansir Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia pada hari yang sama.

Dia menjelaskan IA-BPG merupakan platform unik yang menyatukan pucuk pimpinan kelompok pebisnis Indonesia dan Australia untuk membantu menginformasikan negosiasi IA-CEPA.

“Menteri Lukita dan saya bertemu dengan IA-BPG hari ini dan menerima laporan kedua mereka yang memperinci peluang-peluang untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi antara kedua negara lebih lanjut. Laporan ini memperbarui yang sebelumnya dirilis pada 2012,” imbuhnya.

IA-BPG, mewakili pebisnis Indonesia dan Australia yang bekerja sama, telah menghasilkan pandangan bersama tentang keuntungan potensial yang nyata dari perniagaan (komersial), perdagangan dan ekonomi yang dapat dihasilkan dari IA-CEPA.

“Ini mencerminkan semangat negosiasi IA-CEPA. Konsesus rekomendasi dari industri, seperti laporan yang kami terima hari ini, akan membantu membangun momentum dan ambisi dalam negosiasi IA-CEPA,” ujarnya.

Rekomendasi yang mengalir dari proses IA-BPG ini berkontribusi terhadap pengembangan inisiatif seperti kemitraan Australia dalam mengembangkan sektor daging dan ternak Indonesia, kerjasama jasa keuangan, dan kolaborasi di industri kreatif seperti adibusana dan perhiasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper