Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluasan Lahan, 72.000 Ha Lahan Sawit di Deli Serdang Jadi Sawah

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara mengalihfungsikan puluhan ribu hektare lahan perkebunan kelapa sawit untuk lahan pertanian.
ilustrasi/bisnis
ilustrasi/bisnis

Bisnis.com, DELI SERDANG - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara mengalihfungsikan puluhan ribu hektare lahan perkebunan kelapa sawit untuk lahan pertanian.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan pihaknya menyambut program percepatan tanam dan luas tambah tanam menjadi tiga kali.

Dia mengakui pertanaman tiga kali setahun membuat ada penurunan produktivitas karena itu perlu ada tambahan pupuk organik.

Di Deli Serdang dibangun dam yang masing-masing untuk mengairi sawah seluas 3000 ha dan 5.000 hektare. Kemudian 72.000 ha lahan sawit alih fungsi ke areal persawahan.

Lahan pertanian di Deliser­dang yang mencapai 42.242 Ha yang meru­pa­kan salah satu lumbung padi di Provinsi Sumatra Utara.

Pada 2014, produksi beras di daerah ini men­capai 278.000 ton lebih, sedangkan kon­sum­si beras sebesar 251.000 ton lebih, surplus sebesar 26.000 ton lebih.

Produktivitas padi di De­liserdang cukup tinggi yaitu 5,72 ton/Ha, melampaui produktivitas nasional sebesar 5,53 ton/Ha dan merupakan produktivitas ter­tin
Pemerintah kembali berikan bantuan kepada petani di desa ini seperti benih padi, benih jagung dan traktor.

Kunjungan Mentan ke Percut Sri tuan yang kedua kalinya. Menteri Pertanian bersama para pejapat Pemda, Poktan dan Petani Kamis 11/02/16, melakukan “Panen, Olah Tanah dan Tanam Padi menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatra Utara.

Pemberian traktor dilakukan mengingat semakin terbatasnya tenaga kerja pertanian di pedesaan akibat menurunnya minat generasi muda terhadap usaha sektor pertanian sekaligus sebagai upaya peningkatan produksi padi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper