Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEPA: Tarif Bea Masuk Kakao Diharapkan Turun

Tarif bea masuk kakao ke Eropa diharapkan dapat diturunkan menyusul berlanjutnya perundingan formal Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Bisnis.com, JAKARTA—Tarif bea masuk kakao ke Eropa diharapkan dapat diturunkan menyusul berlanjutnya perundingan formal Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) menyebutkan saat ini bea masuk ke Benua Biru berkisar 4%-6%. Besaran tersebut dipandang sebagai bentuk diskriminasi karena Uni Eropa (UE) menetapkan bea masuk 0% untuk produk yang sama yang berasal dari Afrika. Direktur Eksekutif AIKI Sindra Wijaya mengaku telah lama menunggu kelanjutan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara kedua pihak.

“Harapannya bisa turun jadi 0% juga,” sebut Sindra kepada Bisnis, Rabu (20/7/2016).

Jika bea masuk diturunkan, lanjut dia, maka daya saing kakao Tanah Air akan meningkat. Ekspor kakao, terutama dalam bentuk olahan, ke Benua Biru diyakini bakal mengalami kenaikan signifikan. AIKI menerangkan produk cocoa butter sebagian besar diekspor ke Eropa dan AS, sedangkan cocoa powder lebih banyak ke negara-negara Asia.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag), nilai ekspor kakao Indonesia secara keseluruhan mencapai US$118 juta pada 2015 atau turun 41% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$200 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper