Transaksi Elektronik di Jalan Tol Kurangi Risiko Kemacetan

Masalah kemacetan di jalan tol selama mudik Lebaran dapat berkurang bila masyarakat terus meningkatkan penggunaan layanan pembayaran tol secara elektronik.
Aprillian Hermawan | 02 Juli 2016 18:16 WIB
Suasana Kemacetan di Jalan Tol - Bisnis

Bisnis.com JAKARTA— Masalah kemacetan di jalan tol selama mudik Lebaran dapat berkurang bila masyarakat terus meningkatkan penggunaan layanan pembayaran tol secara elektronik.

Direktur Konsumer Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Anggoro Eko Cahyo mengatakan upaya mempercepat layanan pembayaran uang elektronik di jalan tol terus dilakukan untuk mendukung program pemerintah memperlancar arus mudik pada musim liburan Ramadhan dan Idulfitri 2016.

Melalui pembayaran secara elektronik, diharapkan antrian kendaraan makin pendek karena cara ini jauh lebih cepat dibandingkan pembayaran uang tunai. “TapCash ini untuk awalnya kita sasar kepada pengguna yang juga merupakan nasabah BNI, setelah itu berjalan baru fokus untuk memperluas ke pengguna baru,” katanya kepada Bisnis dalam acara buka puasa bersama Kamis (30/6).

Anggoro menegaskan penggunaan uang elektronik secara massal dapat mengurangi tingkat kemacetan di ruas tol Jakarta-Brebes timur yang menjadi jalur utama para pemudik dari Jakarta atau Bandung ke arah timur karena tidak harus antre berulang kali untuk membayar tol.

BNI saat ini menargetkan jumlah penerbitan uang elektronik TapCash mencapai 1 juta kartu hingga akhir tahun dengan keikutsertaan bank plat merah tersebut dalam sistem pembayaran tol terintegrasi. Saat ini BNI telah mempersiapkan sistem pembayaran gerbang tol pada jalur mudik utama Lebaran 2016 menggunakan uang elektronik BNI TapCash. Tol-tol yang dilalui para pemudik tersebut adalah jalur tol Cikarang – Palimanan, Cikarang – Purbaleunyi, Palimanan –Purbaleunyi, dan jalur tol Palimanan – Brebes Timur.

Anggoro menuturkan pembayaran dengan menggunakan uang elektronik BNI TapCash itu dapat dilakukan di lebih dari 100 gerbang tol atau sekitar 700 gardu pembayaran tol yang dilalui para pemudik pada musim libur Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri 1437 H.

Menurutnya, transaksi melalui uang elektroniknya diharapkan dapat meningkat 150% dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, BNI mencetak 400 ribu lembar TapCash. Adapun, volume transaksinya diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2015 menjadi Rp81 miliar.

Selain itu BNI juga menyiapkan fitur baru yang kian memudahkan pengguna TapCash untuk melakukan isi ulang saldo TapCash. Fitur tersebut menghendaki sistem automatic top up. Dengan begitu, ketika pengguna kartu masuk pintu tol mengalami kekurangan saldo maka TapCash akan secara langsung mendebet rekening tabungan nasabah.

Tidak hanya untuk mengakses tol, TapCash juga dapat dipakai untuk membeli tiket Bus TransJakarta, Kereta Commuter Jabodetabek, e-Parking Reska, Kereta Bandara Kualanamu Medan, pembayaran di UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek, Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, serta Merchant lainnya berlogo TapCash.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol

Editor : Aprillian Hermawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top