Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Kelautan dan Perikanan Jangan Hanya Amankan Laut

Anggota Komisi IV DPR RI Akmal Pasluddin menyatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan mesti fokus dalam tugas pokoknya sebagai penanggung jawab sektor perikanan dari hulu ke hilir dan tidak hanya fokus dalam pengamanan laut.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Antara
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Akmal Pasluddin menyatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan mesti fokus dalam tugas pokoknya sebagai penanggung jawab sektor perikanan dari hulu ke hilir dan tidak hanya fokus dalam pengamanan laut.

"Banyak persoalan di sektor perikanan saat ini yang butuh banyak perhatian," kata Akmal Pasluddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Menurut Akmal, sejumlah persoalan itu antara lain seperti peningkatan produksi perikanan tangkap, pengembangan budidaya perikanan, dan perbaikan logistik.

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga ingin KKP tidak melupakan peningkatan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan serta petambak garam.

Akmal juga menyarankan agar persoalan pertahanan militer laut, seperti penangkapan kapal-kapal asing yang menyusup untuk menangkap ikan tanpa izin, cukup diserahkan pada TNI AL.

"Biarkan TNI AL yang bekerja secara serius untuk pengamanan laut kita," kata anggota dewan dari Dapil Sulawesi Selatan II itu.

Untuk itu, ujar dia, sudah seharusnya KKP saat ini fokus bekerja dalam memenuhi target kebutuhan produksi perikanan baik di laut maupun budidaya di darat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Abdul Halim juga dalam sejumlah kesempatan menyatakan bahwa hal yang paling mendesak saat ini untuk diatasi KKP adalah terhubungnya hulu ke hilir pengelolaan sumber daya ikan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama ini telah berhasil meningkatkan produksi perikanan sehingga hal tersebut selayaknya dapat dimanfaatkan nelayan nasional.

"Hasil kebijakan tiga pilar KKP sudah terlihat secara signifikan, yaitu dari meningkatnya hasil tangkapan nelayan," kata Menteri Susi saat membuka Rapat Kerja Teknis KKP 2016 di Jakarta, Senin (30/5).

Menurut Susi, tiga pilar yang dimaksud adalah kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan, yang kesemuanya selalu mewarnai beragam kebijakan KKP yang sesuai dengan misi Nawacita Presiden Jokowi.

Berdasarkan data KKP, jumlah produksi di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) berbasis kapal lokal naik 99,14 persen dari tahun 2014 ke 2015.

Sementara pertumbuhan PDB Perikanan sepanjang tahun 2015 selalu berada di atas rata-rata pertumbuhan PDB kelompok Pertanian dan PDB Nasional.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper