Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Balai Karantina Benteng Pertahanan Negara

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah memperkuat balai-balai karantina di daerah sebagai salah satu benteng pertahanan negara.nn
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 03 Mei 2016  |  11:00 WIB
Balai Karantina Benteng Pertahanan Negara
Balai Karantina Pertanian di Tanjung Priok, Jakarta. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah memperkuat balai-balai karantina di daerah sebagai salah satu benteng pertahanan negara.

“Karantina itu selain untuk kepentingan ekonomi juga ada kepentingan pertahanan negara. Karena di beberapa negara selain terjadi konflik fisik, juga kerap terjadi serangan bakteri, virus, atau kuman untuk melemahkan negara lain. Hal inilah yang harus diantisipasi,” kata anggota Komisi IV DPR Fadly Nurzal, dalam pernyataan resmi, Selasa (3/5/2016).

Menurutnya, penguatan karantina dapat dilakukan melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi. Fadly menilai saat ini teknologi karantina di Indonesia belum mumpuni untuk memantau pergerakan keluar-masuk komoditas.

“Makin canggih kemungkinan orang luar untuk mengakali kita, sejatinya semakin tinggi kita mem-protect negara kita, baik lewat kemampuan SDM dan kecanggihan alat atau teknologi,” ujar politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Saat ini, DPR dan pemerintah tengah menggodok Rancangan Undang-undang tentang Karantina sebagai payung hukum Badan Karantina Nasional (BKN). Lembaga di bawah Presiden itu akan menyatukan lembaga-lembaga karantina dari beberapa kementerian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr komisi iv dpr dewan perwakilan rakyat karantina
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top