Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUU Sistem Budi Daya Tanaman Akan Pro Petani

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pengembangan pertanian berkelanjutan yang tidak merusak lingkungan.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 16 Desember 2016  |  14:58 WIB
Traktor petani - Ilustrasi/JIBI Photo
Traktor petani - Ilustrasi/JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pengembangan pertanian berkelanjutan yang tidak merusak lingkungan.

Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mengatakan pertanian berkelanjutan mencakup isu lingkungan dan pemberdayaan petani. Menurutnya, perlu sistem terpadu antarkementerian yang saling menguatkan agar petani mengembangkan budi daya berkelanjutan.

"Kita punya petani yang hebat-hebat dan jagoan. Mereka bisa melakukan apa saja. Hanya peran pemerintah kita, apakah sudah melakukan pembinaan. Kalau konsep anggarannya tidak memihak petani susah juga,” ujarnya dalam pernyataan resmi, Jumat (16/12).

Saat ini parlemen tengah menggodok RUU tentang Sistem Budi Daya Tanaman yang lebih berpihak kepada petani ketimbang pengusaha pertanian. Menurut Anggota Komisi IV DPR O.O. Sutisna, orientasi baru itu merupakan wujud komitmen dari negara untuk menyejahterakan petani.

Untuk itu, Sutisna meminta kalangan akademisi memberikan masukan dalam perumusan peraturan baru. RUU tersebut akan memperbaharui UU No. 12/1992 yang sudah berlaku selama dua dekade lebih.

“Kami berharap masukan yang sangat luas untuk masalah dunia pertanian ke depan dan memperhitungkan ekosistem yang tersedia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr pertanian petani komisi iv dpr
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top