Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Ratings: Aturan Transportasi Berbasis Aplikasi Untungkan Taksi Konvensional

Fitch Ratings menilai peraturan yang diusulkan Indonesia untuk penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi akan menempatkan mereka pada tingkat playing field yang setara dengan penyedia transportasi roda empat lain dan menguntungkan operator taksi konvensional.
Ilustrasri - uber Taxi/mises.org
Ilustrasri - uber Taxi/mises.org

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pemeringkat Fitch Ratings menilai peraturan yang diusulkan Indonesia untuk penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi akan menempatkan mereka pada tingkat playing field yang setara dengan penyedia transportasi roda empat lain dan menguntungkan operator taksi konvensional.

Operator konvensional taksi, seperti PT Ekspres Transindo Utama Tbk. dan pengemudi mereka telah menyatakan keberatan untuk penyedia transportasi berbasis aplikasi, bahkan mereka mengatakan perusahaan aplikasi yang beroperasi secara ilegal sehingga layanan aplikasi ini memungkinkan untuk mengisi tarif yang lebih rendah secara signifikan.

Pada akhir Maret, beberapa pengemudi perusahaan taksi konvensional melakukan demo yang menentang layanan transportasi berbasis aplikasi ini sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas di Jakarta.

“Aturan yang diusulkan [Kementerian Perhubungan RI] akan menguntungkan penyedia taksi konvensional karena mereka memperkenalkan tantangan opersional bagi penyedia taksi berbasis aplikasi, yang telah mampu melemahkan taksi konvensional dengan mengambil keuntungan dari celah hukum,” ujar Fitch Ratings dalam siaran pers, Rabu (27/4).

Sebagai contoh, selama ini penyedia transportasi berbasis aplikasi menggunakan mobil pribadi pengemudi mereka sehingga ini menyelamatkan belanja modal perusahaan aplikasi yang cukup besar untuk membangun armada mereka sendiri.

Selain itu, pajak penyedia transportasi berbasis aplikasi akan selaras dengan pajak operator taksi konvensional lainnya.

“Setelah peraturan berlaku, penyedia transportasi berbasis aplikasi akan dibiarkan bertahan hanya dengan aplikasi mereka dalam menyediakan keunggulan layanannya,” ungkap laporan Fitch.

Selain itu, perubahan peraturan yang diusulkan juga memungkinkan penyedia taksi untuk bekerja sama dengan penyedia transportasi berbasis aplikasi.

Fitch meyakini hal ini menawarkan kesempatan bagi penyedia taksi konvensional karena beberapa di antaranya belum pernah sukses dalam meluncurkan aplikasi yang user-friendly. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper