Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Bekasi dan Pelaku Usaha Angkutan Diminta Bernovasi

DPRD Kota Bekasi mendorong pelaku usaha dan Pemerintah Kota Bekasi menjadikan angkutan konvensional berbasis online.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 23 Maret 2016  |  20:34 WIB
Demo sopir taksi dan angkutan umum menolak Uber dan Grab - Antara/Yossy Widya
Demo sopir taksi dan angkutan umum menolak Uber dan Grab - Antara/Yossy Widya

Bisnis.com, BEKASI - DPRD Kota Bekasi mendorong pelaku usaha dan Pemerintah Kota Bekasi menjadikan angkutan konvensional berbasis online.

Maryadi, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bekasi mengatakan, kemunculan angkutan berbasis online lantaran kondisi angkutan umum secara keseluruhan di Kota Bekasi belum memberikan kenyamanan dan menjawab kebutuhan konsumen.

Pada sisi lain, angkutan berbasis online belum memiliki landasan hukum sebagai angkutan transportasi. "[Kemunculan angkutan berbasis online] ini disebabkan angkutan umum belum bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat," katanya, Rabu (23/3/2016).

Untuk itu, Pemkot Bekasi bersama pengusaha angkutan umum di Kota Bekasi perlu meningkatkan inovasi untuk menjawab transportasi online yang merambah lokasi Jabodetabek.

Namun demikian, katanya, DPRD Kota Bekasi bersama Pemkot Bekasi perlu mengeluarkan peraturan, setingkat Peraturan Daerah (Perda) agar angkutan berbasis online memiliki landasan hukum yang jelas.

Dengan demikian, retribusi angkutan, trayek dan persaingan antarjenis angkutan akan berjalan dengan baik. "Sehingga tidak terjadi demo kalau hukumnya jelas."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kontroversi Taksi Aplikasi
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top