Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aptrindo Diminta Sediakan Lembaga Uji KIR Swasta

Perusahaan-perusahaan angkutan darat yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) akan diseleksi menjadi lembaga sertifikasi untuk pengujian KIR angkutan barang di DKI Jakarta.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 17 Maret 2016  |  15:07 WIB
Ilustrasi uji KIR - Bisnis.com
Ilustrasi uji KIR - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan-perusahaan angkutan darat yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) akan diseleksi menjadi lembaga sertifikasi untuk pengujian KIR angkutan barang di DKI Jakarta.

Kyatmaja Lookman, Wakil Ketua Aptrindo ini mengatakan dalam pembahasan tentang batas usia truk berdasarkan Peraturan Daerah No. 5/2014 bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mempermudah pengujian KIR, Aptrindo bisa mempersiapkan lembaga swasta, perusahaan truk menjadi lembaga sertifikasi uji KIR.

“Selama ini selama ini peraturannya masih yang lama, dan kami mengusulkan kalau bisa batas usia 20-25 tahun, sesuai Permenhub No.98/2013, kami pun melakukan pendekatan dan hasil sementara memutuskan, Dishub meminta Aptrindo mendata total truk, usianya, dan mana perusahaan truk yang berpotensi menjadi lembaga uji KIR,” ujar Kyatmaja kepada Bisnis, Kamis (17/3/2016).

Kyatmaja mengatakan, usulan dibentuknya lembaga uji KIR independen karena mengingat prosedur pengujian KIR dari pemerintah yang cukup lama sehingga diperlukan lembaga baru yang bisa mengakomodir pengujian KIR lebih cepat dan efisien.

“Dishub mengusulkan boleh ada uji KIR swasta, jadi kami diskusi internal KIR dari swasta itu kami diskusikan. Yang pasti ada tanggung jawawab selama ini plat kuning nanti harus plat hitam di KIR menurut UU. Siapa yang bisa sertifikasi dari Aptrindo. Nanti izin melakukan izin KIR alias sertifikasi untuk perusahaan diberikan oleh Kadishub,” jelas Kyatmaja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uji kir Aptrindo
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top