Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangkit Berbasis Sampah : 7 Kota Jadi Pilot Project

Sebanyak 7 kota akan dijadikan sebagai proyek percontohan untuk mengembangkan pembangkit listrik berbasis sampah. Langkah ini dijadikan pemerintah sebagai awal percepatan pemanfaatan energi sampah.
Annisa Lestari Ciptaningtyas
Annisa Lestari Ciptaningtyas - Bisnis.com 14 Februari 2016  |  14:02 WIB
Pembangkit Berbasis Sampah : 7 Kota Jadi Pilot Project
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sebanyak 7 kota akan dijadikan sebagai proyek percontohan untuk mengembangkan pembangkit listrik berbasis sampah. Langkah ini dijadikan pemerintah sebagai awal percepatan pemanfaatan energi sampah.

Adapun ketujuh kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, kemudian Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan tujuh kota besar tersebut rata-rata memproduksi sampah1.000 ton per hari.

“Solo itu di bawah. Kenapa Solo dimasukkan, supaya ini menjadi pilot project buat kota-kota menengah yang produksi sampahnya 200-250 ton per hari, dan diharapkan bekerja sama dengan tempat sekeliling dari kota tersebut,” katanya seperti dikutip Bisnis dalam situs resmi Seskab, Minggu (14/2).

Pramono menjelaskan penunjukan tujuh kota yang akan menjadi pilot project pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah itu akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang akan diajukan oleh Menko Perekonomian berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman.

Pemerintah berharap dengan ditunjuknya tujuh kota tersebut sebagai proyek percontohan pembangkit listrik, persoalan sampah bisa tertangani.

Mengenai mekanisme pembelian yang dihasilkan dari sampah tersebut, menurut Seskab, nantinya akan diatur dalam Perpres yang sedang dipersiapkan oleh Menko Perekonomian itu.

Sebelumnya saat memimpin rapat terbatas di kantor Kepresidenan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, mengenai pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

“Ini sudah kita bahas ndak tahu berapa kali. Dan saya harapkan ini adalah rapat yang terakhir,  dan sudah putus, dan langsung bisa dikerjakan, dilaksanakan,” ujarnya.

Presiden mengingatkan, sudah beberapa kali dirinya meminta adanya penggunaan teknologi agar pengelolaan sampah bisa efektif dan cepat bisa hilang dari kota-kota besar kita. Dan juga telah dilakukan di beberapa kota mengenai bank sampah, juga budaya reduce, reuse dan recycle.

“Sampah sebagai sumber energi listrik. Dan kita harapkan ini menambah pasokan listrik kita,” kata Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit pengolahan sampah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top