Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangkit Berbasis Sampah : 7 Kota Jadi Pilot Project

Sebanyak 7 kota akan dijadikan sebagai proyek percontohan untuk mengembangkan pembangkit listrik berbasis sampah. Langkah ini dijadikan pemerintah sebagai awal percepatan pemanfaatan energi sampah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Sebanyak 7 kota akan dijadikan sebagai proyek percontohan untuk mengembangkan pembangkit listrik berbasis sampah. Langkah ini dijadikan pemerintah sebagai awal percepatan pemanfaatan energi sampah.

Adapun ketujuh kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, kemudian Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan tujuh kota besar tersebut rata-rata memproduksi sampah1.000 ton per hari.

“Solo itu di bawah. Kenapa Solo dimasukkan, supaya ini menjadi pilot project buat kota-kota menengah yang produksi sampahnya 200-250 ton per hari, dan diharapkan bekerja sama dengan tempat sekeliling dari kota tersebut,” katanya seperti dikutip Bisnis dalam situs resmi Seskab, Minggu (14/2).

Pramono menjelaskan penunjukan tujuh kota yang akan menjadi pilot project pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah itu akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang akan diajukan oleh Menko Perekonomian berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman.

Pemerintah berharap dengan ditunjuknya tujuh kota tersebut sebagai proyek percontohan pembangkit listrik, persoalan sampah bisa tertangani.

Mengenai mekanisme pembelian yang dihasilkan dari sampah tersebut, menurut Seskab, nantinya akan diatur dalam Perpres yang sedang dipersiapkan oleh Menko Perekonomian itu.

Sebelumnya saat memimpin rapat terbatas di kantor Kepresidenan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, mengenai pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

“Ini sudah kita bahas ndak tahu berapa kali. Dan saya harapkan ini adalah rapat yang terakhir,  dan sudah putus, dan langsung bisa dikerjakan, dilaksanakan,” ujarnya.

Presiden mengingatkan, sudah beberapa kali dirinya meminta adanya penggunaan teknologi agar pengelolaan sampah bisa efektif dan cepat bisa hilang dari kota-kota besar kita. Dan juga telah dilakukan di beberapa kota mengenai bank sampah, juga budaya reduce, reuse dan recycle.

“Sampah sebagai sumber energi listrik. Dan kita harapkan ini menambah pasokan listrik kita,” kata Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper