Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dua Skema Pembangunan Kilang Bontang

Percepatan pembangunan kilang dilakukan dengan dua kemungkinan skema menyusul rencana pembangunan Kilang Bontang.
Harga minyak mentah Indonesia turun./JIBI
Harga minyak mentah Indonesia turun./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Percepatan pembangunan kilang dilakukan dengan dua kemungkinan skema menyusul rencana pembangunan Kilang Bontang.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan terdapat dua skema pembangunan kilang yang mungkin digunakan. Pertama, kilang saja yang dibangun. Kedua, kilang terintegrasi dengan petrokimia.

Adapun, pembahasan tentang pembangunan Kilang Bontang dilakukan menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden No.146/2015 tentang Percepatan Pembangunan Kilang.

"Jadi ada dua skema, kilang saja dan kilang petrochemical," ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Lebih lanjut, kedua skema pembangunan memiliki dampak tersendiri. Untuk skema pembangunan kilang saja, produksi gasolin diperkirakan sebesar 120.000 barel per hari. Selain itu, memiliki internal rate of return (IRR) sebesar 7%.

Sedangkan, skema pembangunan kilang integrasi menghasilkan gasolin yang lebih kecil yaitu 60.000 bph. Dari segi IRR justru lebih besar yaitu 10%. Dengan demikian, bila skema pembangunan terintegrasi yang dipilih, diperlukan kilang lain untuk mendukung kapasitas produksinya.

"Tentu jumlah gasoline rendah butuh kilang lagi. Arun jadi target berikutnya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan lahan seluas 600 hektare telah disiapkan untuk pembangunan Kilang Bontang. Kementerian Tata Ruang dan Agraria telah memberi jaminan agar pembangunan tak mengalami hambatan lahan.

"Sudah diberi jaminan Kementerian Agraria, biar tidak ada masalah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper