Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEKAN IMPOR: Industri Alkes Perlu Kerja Sama dengan Asing

Pelaku industri alat kesehatan akan menjajaki kerja sama dengan perusahaan asing untuk mengembangkan industri lokal sebagaimana dirancang dalam peta jalan industri alat kesehatan
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA– Pelaku industri alat kesehatan akan menjajaki kerja sama dengan perusahaan asing untuk mengembangkan industri lokal sebagaimana dirancang dalam peta jalan industri alat kesehatan.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) Sugihadi mengatakan bahwa beberapa pelaku usaha secara terpisah mulai mencari rekanan kerja untuk secara perlahan mengurangi porsi impor alat kesehatan (alkes) yang secara nilai masih mendominasi pasar dalam negeri.

“Terlepas yang sudah mulai produksi, rata-rata mulai mencari partner supaya mereka mau produksi di sini. Memang tidak bisa langsung menutup impor, setidaknya substitusi dulu, mana yang kita mampu,” ujarnya kepada Bisnis.

Menurutnya, dengan adanya target pemerintah untuk meningkatkan pasar alkes nasional serta adanya program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), sudah saatnya produsen lokal mulai berupaya meningkatkan produksi alkes yang selama ini masih dengan teknologi sederhana menjadi lebih meningkat.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa pasar alkes dalam negeri masih berkisar Rp6 triliun-Rp7 triliun, di mana produk lokal hanya mendapat porsi 10% nilai tersebut. Dalam peta jalan industri alkes yang tengah disusun Kemenkes, nilai pasar tersebut ditargetkan mencapai Rp120 triliun pada 2035.

Selama ini, alkes berteknologi tinggi yang memiliki nilai keekonomian tinggi diimpor dari Jepang, China, Jerman dan negara Eropa lainnya. Untuk itu, adaptasi teknologi menjadi poin penting dalam proses investasi yang dilakukan oleh perusahaan asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Shahnaz Yusuf
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper