Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teras Cikapundung Resmi Diluncurkan

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendampingi Direkrur Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi meresmikan restorasi Sungai Cikapundung II (Teras Cikapundung), Bandung Jawa Barat, Sabtu (30/1/2016)
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendampingi Direkrur Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi meresmikan restorasi Sungai Cikapundung II (Teras Cikapundung), Bandung Jawa Barat, Sabtu (30/1/2016).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut mantan Menteri PU Djoko Kirmanto dan sejumlah mantan Dirjen SDA. Ridwan mengatakan tak hanya teras Cikapundung, akan ada dua lagi hal yang sama dibangun yaitu di daerah lingkar selatan dan di daerah pemukiman.

"Ada dua lagi yang akan di bangun, satu di daerah lingkar selatan, satu di daerah pemukiman di daerah Cidurian, tapi intinya semua yang bermuara di Citarum kita akan perbaiki," jelasnya.

Menurut Ridwan, terkait perawatan dan operasional akan dilakukan oleh BBWS. Adapun, untuk SDM Pemkot Bandung menyerahkan kepada masyarakat mulai dari urusan sungai hingga taman.

Dia menjelaskan restorasi tersebut merupakan suatu contoh membangun proyek berbasis sosial.

Sementara itu, Mudjiadi mengungkapkan bahwa Teras Cikapundung (Tercik) merupakan bagian dari restorasi Sungai Cikapundung.

Dengan restorasi Sungai Cikapundung ini, diharapkan tersedianya sarana dan prasarana yang akomodatif serta representatif baik dari segi fungsi maupun estetika.

"Hal ini dapat dilakukan dengan penataan Kawasan Sempadan Sungai Cikapundung yang terintegrasi antara program Ditjen SDA Kementerian PUPR melalui BBWS Citarum dengan Pemkot Bandung," tutur Mudjiadi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Ditjen SDA Kementerian PUPR Yudha Mediawan mengatakan bahwa program Restorasi Sungai Cikapundung adalah program yang bertujuan untuk menjaga kualitas air, pengendalian banjir, serta meningkatkan fungsi bantaran sungai sebagai sarana sosial.

"Selain itu juga bagaimana merubah landscape yang semula kawasan kurang terawat menjadi kawasan pariwisata yang indah," tutur Yudha.

Lanjut Yudha pemeliharan tercik maupun kegiatan restorasi Sungai Cikapundung akan melibatkan Komunitas Cikapundung yang terdiri dari 52 kelompok kerja yang dalam pelaksanaannya didukung oleh BBWS Citarum.

Pembangunan Tercik dilaksanakan pada 2013 dan 2015 dengan menghabiskan anggaran Rp18 miliar untuk konstruksinya yang bersumber dari APBN melalui BBWS Citarum. Dengan desain hasil masukan dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper