Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Ada Hujan, Petani Padi Sawah Balikpapan Tunda Masa Tanam

Sejumlah petani padi sawah di Balikpapan menunda masa tanam padi pada 243 hektare lahan sawah akibat musim penghujan yang tak juga tiba di awal tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Sejumlah petani padi sawah di Balikpapan menunda masa tanam padi pada 243 hektare lahan sawah akibat musim penghujan yang tak juga tiba di awal tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Balikpapan Yos Mianto mengatakan rencananya sepanjang tahun ini lahan yang siap ditanam seluas 243 hektare dan ditargetkan dapat menghasilkan 10.000 ton beras.

“Sejak awal tahun sampai sekarang belum turun hujan, jadi petani belum bisa menanam padinya. Rencananya minggu depan kami akan datangkan BMKG Balikpapan untuk mengetahui prakiraan cuaca, karena kabarnya akan ada El Nino lagi di bagian selatan Kaltim,” tuturnya, Selasa (12/1/2016).

Selain itu, penundaan tanam padi juga disebabkan langkah antisipasi pengadaan air melalui sumur bor yang dimiliki pemerintah juga belum dapat memenuhi kebutuhan air untuk tanam secara maksimal.

Sementara jenis padi lain, yakni padi gunung yang tidak memerlukan banyak air untuk media tanam, telah ditanam sejak dua bulan lalu di wilayah Teritip.

“Kalau padi gunung dua bulan lalu sudah masuk masa tanam, tinggal dirawat dan ditunggu masa panennya. Luas lahan yang ditanami padi gunung seluas 120 hektare di kawasan Teritip,” tutup Yos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper