Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Realisasi Anggaran Kemenperin Terendah dalam 5 Tahun

Realisasi anggaran Kementerian Perindustrian tahun lalu hanya 77%.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 11 Januari 2016  |  20:05 WIB
Menperin Saleh Husin
Menperin Saleh Husin

Bisnis.com, JAKARTA—Kendati berada diurutan ke-8 dari 77 dalam laporan akuntabilitas kinerja kementerian/lembaga yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, realisasi anggaran Kementerian Perindustrian tahun lalu hanya 77%. 

Realisasi anggaran tersebut jauh dari target yang dicanangkan oleh Kemenperin yakni minimal 85%.

Menteri Perindustrian Saleh Husin yang notabene satu partai dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, mengatakan penyerapan anggaran per 31 Desember 2015 yang hanya mencapai 77% merupakan terendah dalam lima tahun terakhir.

“Rendahnya penyerapan anggaran Kementerian Perindustrian disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain adanya kebijakan self blocking untuk dialokasikan ke kegiatan new initiative yang menyebabkan kegiatan tidak dapat dilaksanakan,” tuturnya, Senin (11/1).

Selain itu, Saleh berdalih penyerapan terendah dalam lima tahun ini juga disebabkan adanya tambahan anggaran senilai Rp1,85 triliun yang revisinya baru selesai pada September 2015.

Oleh karena itu, lanjutnya, hal ini tidak boleh terulang pada 2016. Seluruh bawahannya diminta untuk segera mempercepat realisasi anggaran. Kegiatan yang memerlukan proses lelang, menurutnya harus dipercepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

realisasi anggaran saleh husin Kinerja Menteri
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top