Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Logo Wonderful dan Pesona Indonesia akan direposisi pada 2016, tetapi tetap mengedepankan sayap burung Garuda sebagai ikonnya.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Rabu (30/12/2105), logo Wonderful dan Pesona Indonesia yang membawa semangat pariwisata Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah dibangun selama beberapa tahun dan sekarang diperbaiki untuk meningkatkan efektifitas dari penggunaan logo tersebut.

Pada reposisi terbarunya, kata Wonderful atau Pesona diperbesar untuk memastikan tagline tetap terlihat jelas apabila logo tersebut dimuat dalam ukuran kecil pada pengaplikasiannya. Ukuran ikon burung Garuda juga diperbesar mengikuti komposisi kata Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia.

Perubahan ukuran kata Wonderful atau Pesona secara otomatis menggeser ikon burung Garuda ke sebelah kanan sehingga kini ikon tersebut berada di luar kata Wonderful Indonesia. Kemudian sebagai harmonisasi, sayap burung Garuda berwarna hijau dan biru dibuat terkoneksi dengan huruf A dari kata Indonesia.

Selain itu, ada perbaikan minor pada pembentukkan ekor ikon burung Garuda agar keseluruhan logo termuat sempurna. Lengkungan ekor garuda dapat diatur sesuai dengan efektifitas ruang. Perbaikan ini bersifat opsional mengikuti ketersediaan ruang pengaplikasian logo.

Panduan penggunaan logo juga diberlakukan pada pemasangan avatar sosial media yang biasanya menerapkan ruang lebih kecil. Apabila sebelumnya ikon burung garuda harus ditampilkan utuh, kini pemotongan diperbolehkan dengan tujuan memperjelas inti dari ikon dengan syarat lima paduan warna burung garuda tetap terlihat.

Sementara itu, dalam pengaplikasian di ruang horizontal yang ekstrem, kata Wonderful atau Pesona dan Indonesia disejajarkan secara horizontal diikuti dengan ikon burung Garuda di belakangnya. Dalam pengaturan tipografi, jenis font signika tetap dipakai dengan ketentuan signika semibold untuk kata Indonesia, dan signika light untuk kata Wonderful.

Selain perubahan di atas, keluwesan gambar ikon burung garuda yang tanpa sudut tetap dijaga. Lima warna indah dengan masing-masing makna pada ikon tersebut juga dipertahankan.

Warna biru melambangkan kesemestaan, hijau sebagai kreatifitas dan ramah pada alam, jingga lambang inovasi dan semangat pembaruan, ungu simbol daya imajinasi dan keimanan, serta magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis.

Sementara itu, rentangan sayap Garuda pada logo itu memiliki makna hasrat kuat untuk terbang jauh sekaligus perlambang kedamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper