Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Tiga Pabrik Gula PTPN X Melampaui Target

Kinerja tiga Pabrik Gula (PG) PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) pada akhir 2015 melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, dengan rata-rata rendemen mencapai 8,01 persen, dari target yang ditetapkan sekitar 7%.
Pabrik Gula/Antara
Pabrik Gula/Antara

Bisnis.com, SURABAYA --  Kinerja tiga Pabrik Gula (PG) PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) pada akhir 2015 melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, dengan rata-rata rendemen mencapai 8,01 persen, dari target yang ditetapkan sekitar 7%.

Direktur Produksi PTPN X, T Sutaryanto, di Surabaya, Rabu, mengakui tahun ini merupakan tahun terbaik kinerja tiga PG yang lokasinya di Sulawesi Selatan yakni PG Bone, PG Camming, dan PG Takalar.

Ia menjelaskan tiga PG yang pengelolaanya dikerjasamakan antara PTPN XIV dengan PTPN X tersebut mampu memproduksi gula 35.120 ton, atau meningkat 27,4 persen dibandingkan dengan produksi tahun 2014 yang sebesar 27.552 ton.

"Seiring dengan peningkatan produksi dan perbaikan harga gula, pendapatan yang diperoleh pun meningkat pesat sebesar 94 persen dari Rp228 miliar pada 2014 menjadi Rp443 miliar pada 2015," katanya.

Dengan adanya peningkatan, Sutaryanto menargetkan untuk tiga PG itu ke depan akan mampu produksi gula sebesar 50.245 ton atau meningkat sekitar 43 persen dibandingkan dengan realisasi tahun 2015.

"Luas lahan tebu yang dikelola tiga PG ini mencapai 10.500 hektare, karena itu tahun depan ditargetkan bisa mencapai 12.839 hektar seiring dengan upaya perusahaan untuk mendorong perluasan lahan dengan menggandeng petani setempat, dan memanfaatkan lahan milik sendiri yang belum dioptimalkan," katanya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN menugaskan PTPN X untuk menggarap tiga PG yang mempekerjakan total 3.068 karyawan, karena kondisi sebelumnya kurang bagus dengan produksi rendah.

Tiga PG tersebut memiliki kapasitas giling antara lain untuk PG Bone 2.400 ton tebu per hari (TTH), PG Camming sebesar 3.000 TTH yang berlokasi di Kabupaten Bone, PG Takalar sebesar 2.450 TTH yang berada di Kabupaten Takalar.

"Ke depan, untuk meningkatkan kinerja, PTPN X telah melakukan sejumlah strategi, baik di sisi budidaya (on farm) maupun pengolahan tebu di pabrik (off farm)," katanya.

Untuk budidaya, telah dilakukan pengaturan masa tanam, perbaikan komposisi varietas, manajemen pembibitan, dan perbaikan sistem tebang.

"Pengaturan pasokan sumber daya air di saluran irigasi juga ditata agar bisa memenuhi kebutuhan budi daya, sebab tahun depan berencana menginvestasikan dana sekitar Rp20 miliar untuk manajemen irigasi, karena selama ini irigasi masih agak susah, dan belum semua lahan mendapat layanan irigasi secara optimal," katanya.

Sutaryanto optimistis dengan semua perbaikan yang dilakukan kinerja tiga PG yang sempat diwacanakan akan ditutup oleh pemerintah itu akan terus membaik secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper