Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Ruang Kantor di Pusat Bisnis Capai Rekor Baru

Perusahaan konsultan properti PT Cushman & Wakefield Indonesia melansir pasar perkantoran di kawasan pusat bisnis (CBD) telah mencapai rekor baru dalam hal pasokan tahunan.
Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan konsultan properti PT Cushman & Wakefield Indonesia melansir pasar perkantoran di kawasan pusat bisnis (CBD) telah mencapai rekor baru dalam hal pasokan tahunan.
 
Dalam laporan bertajuk Kajian Pasar Properti 2015 dan Proyeksi 2016 yang dirilis Cushman, pasokan ruang kantor tahun ini mencapai 636.200 meter persegi. Jumlah tersebut setara dengan 70 lapangan sepakbola berstandard FIFA. "Pasar perkantoran CBD mencatat rekor tertinggi baru," tulis Cushman dalam laporan yang dikutip Bisnis.com, Senin (7/12/2015).
 
Limpahan pasokan baru ternyata tidak seimbang dengan permintaan. Tahun ini Cushman melansir pertumbuhan permintaan ruang kantor hanya tumbuh 1,3% secara tahunan. Selama 2015, Cushman mencatat pasokan ruang kantor yang diserap pasar mencapai 56.800 meter persegi. Alhasil, tingkat hunian anjlok dari 94,5% pada 2014 menjadi 85,6% pada tahun ini.
 
Tingkat okupansi yang melandai itu turun mendorong penurunan harga sewa. Dalam denominasi rupiah, harga sewa turun 2% sedangkan dalam dollar turun 11%.
 
Tahun depan, Cushman memprediksi tingkat penyerapan ruang kantor akan mencapai 220.000 meter persegi, didorong oleh penempatan ruang-ruang kantor yang baru selesai pembangunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper