Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asean Perlu Kembangkan Wisata Budaya & Sejarah

Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pelatihan profesional bagi pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan, mempromosikan, dan mengelola paket wisata atau pola perjalanan wisata budaya dan sejarah.
Danau Toba, salah satu tujuan wisata utama di Indonesia/Indonesia Travel
Danau Toba, salah satu tujuan wisata utama di Indonesia/Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pelatihan profesional bagi pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan, mempromosikan, dan mengelola paket wisata atau pola perjalanan wisata budaya dan sejarah.

Workshop bertajuk Professional Development Training on Guideline For Asean Cultural and Heritage Tourism Travel Pattern dibuka Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hari Untoro Drajat, di Museum Bank Indonesia, Jakarta, pada Jumat (4/12/2015).

Hari Untoro mengatakan negara anggota Asean yang ingin menjadi tujuan wisata tunggal (single destination) perlu mengembangkan wisata budaya dan sejarah sebagai produk unggulan dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara dari  dalam ataupub luar Asean.

“Produk wisata budaya dan sejarah tersebut dalam 10 tahun terakhir ini dikembangkan dan berhasil meningkatkan  kunjungan wisatawan intra-Asean maupun mancanegara,” kata Hari.

Sebagai contoh, dia menyebutkan wisata budaya dan sejarah yang dikemas dalam Jejak-jejak Peradaban yang melibatkan enam negara yakni Indonesia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand berhasil meningtkan kunjungan wisatawan intra-Asean di masing-masing negara.

“Melalui workshop ini kami berharap kerja sama dalam mengembangkan wisata budaya dan sejarah di Asean semakin berkembang dalam menjadikan Asean sebagai tujuan wisata tunggal yang memiliki  beragam objek wisata di antara wisata budaya dan sejarah berkalas dunia,” kata Hari.

Di bidang pariwisata di tingkat Asean, Indonesia telah menyusun laporan akademis tentang pola perjalanan wisata warisan budaya dan telah dijadikan sebagai bahan acuan bagi Asean Cultural Heritage Sub-working Group.

Sebagai kelanjutannya digelar berbagai kegiatan pelatihan antara lain Asean Workshop Culture Heritage Travel Pattern di Bali pada Agustus 2015 serta workshop tersebut.

Kegiatan ini diharapkan menjadi rekomendasi untuk mengembangkan, mempromosikan, mengelola paket wisata/pola perjalanan wisata budaya dan sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper