Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerapan Analisis Dampak Lingkungan Produk Industri Dinilai Kurang Tegas

Kajian soal amdal yang mencakup seluruh daur ulang hidup produk di Indonesia perlu diperdalam

Bisnis.com, TANGERANG—Kajian soal analisis dampak lingkungan yang mencakup seluruh daur hidup produk di Indonesia perlu diperdalam.

Bentuk analisis yang bisa digunakan ialah melalui life cycle assesment (LCA). Ini merupakan metode untuk menghitung potensi dampak lingkungan suatu produk. Minimnya studi soal LCA sejalan dengan rendahnya kesadaran penerapan ecolabeling dalam berbagai produk.

Ketua Indonesian Life Cycle Assessment Network (ILCAN) Edi Iswanto Wiloso berpendapat  dalam hal kajian soal LCA yang minim sebetulnya disebabkan ketidaan jaringan yang jelas di antara para periset.

“Kalau potensi SDM [yang bisa mengkaji itu] kita punya,” katanya di sela Workshop tentang Riset LCA di Indonesia, di Tangerang, Selasa (24/11/2015).

Sementara itu, menyoal rendahnya kesadaran pencantuman ecolabeling, seperti kotak informasi tingkat emisi produk, lantaran kurang dorongan dari pemerintah. Edi berpendapat semestinya pemerintah sebagai regulator bersikap lebih tegas sedangkan pelaku bisnis akan mengikuti.

“Ini tergantung political will dari pemerintah. Sejalan dengan MEA, semestinya dibarengi dengan penggalakkan ini [ecolabeling],” ujarnya.

Yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam menerapkan ecolabeling untuk produknya harus mengacu kepada daur hidup produk bersangkutan. Artinya, analisis yang dilakukan bermula dari pemilihan bahan baku, proses produksi, distribusi, konsumsi, sampai pembuangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper