Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Ikan Hias Sulut ke Thailand Cukup Tinggi

Pengiriman ikan hias asal Provinsi Sulawesi Utara untuk memenuhi permintaan dari Thailand cukup tinggi setiap bulan.
Ikan Hias/Antara
Ikan Hias/Antara

Bisnis.com, MANADO - Pengiriman ikan hias asal Provinsi Sulawesi Utara untuk memenuhi permintaan dari Thailand cukup tinggi setiap bulan.

"Hampir setiap bulan Sulut mengekspor ikan hias ke Thailand, karena permintaan yang cukup banyak," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Senin (16/11/2015).

Pada awal November 2015, ekspor ikan hias hidup ke Thailand sebanyak 600 ekor, dan menghasilkan devisa bagi negara senilai US$800. Pengeskpor Sulut diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan pasar ini dengan meningkatkan kualitas ekspor ikan hias.

Saat ini Thailand tengah berkembang menjadi negara tujuan potensial ekspor ikan hias di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Selama ini, realisasi ekspor ikan hias ke Thailand berlangsung secara berkala dan terus-menerus. Hal ini menandakan bahwa jenis ikan hias asal Sulut ini cukup diminati oleh warga Thailand.

Ikan hias hidup di Sulut yang mulai dilirik pasar luar negeri menunjukkan peningkatan signifikan baik dari sisi volume maupun nilainya karena harganya cukup baik, terangnya.

Peningkatan perolehan devisa tersebut salah satu di antaranya karena harga yang dinikmati pengekspor sangat bagus di pasaran ekspor. "Tentu berkat kualitas mata dagangannya bisa terjamin hingga ke tempat konsumen di mancanegara," tuturnya.

Dia menambahkan, ikan hias asal Sulut ini dari segi bentuk dan warna cukup bagus serta kualitas hidup ikan terjamin dari sejak penangkapan hingga pengiriman lewat udara dan bahkan hingga di tangan konsumen.

"Perairan laut Sulawesi kaya akan jenis ikan hias, menyimpan beraneka ragam jenis dan bentuk yang bagus," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper