Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2016, Tol Kanci-Pejagan Sudah Mulus

PT Waskita Toll Road akan segera memulai persiapan perbaikan ruas tol Kanci—Pejagan pekan depan dengan target kualitas pelayanan di ruas tersebut sudah membaik sebelum lebaran 2016.
Tol Kanci-Pejagan/pu.go.id
Tol Kanci-Pejagan/pu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA—PT Waskita Toll Road akan segera memulai persiapan perbaikan ruas tol Kanci—Pejagan pekan depan dengan target kualitas pelayanan di ruas tersebut sudah membaik sebelum lebaran 2016.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan, proposal perbaikan jangka panjang sudah diajukan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menurutnya, perbaikan akan dilakukan secara besar-besaran.

“Karena nanti perbaikannya jangka panjang jadi pembongkarannya agak frontal sehingga mungkin ada satu jalur yang ditutup,” katanya saat dihubungi, Selasa (10/11/2015).

Menurutnya, saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu sedikit koreksi dari BPJT terkait usulan metode perbaikan dan juga izin untuk memulai pekerjaan. Oleh karena itu, persiapan perbaikan sudah dapat dilakukan pekan depan.

Herwi mengatakan, dana yang disiapkan PT Waskita Toll Road untuk perbaikan tersebut hampir mencapai Rp600 miliar. Pekerjaan akan lebih dahulu akan difokuskan pada jalur yang ke arah Jawa Tengah.

Pasalnya, kerusakan di jalur tersebut relatif lebih parah dibandingkan jalur yang kearah Jakarta. Hal tersebut ditengarai akibat kondisi tanah yang tidak stabil dan juga beban kendaraan yang ke arah Jawa Tengah relatif lebih berat.

Herwi memperkirakan proyek tersebut baru dapat selesai beberapa hari sebelum lebaran 2016. Bahkan, ada kemungkinan sejumlah titik masih dilanjutkan hingga setelah lebaran. Oleh karena itu, pihaknya akan lebih mengutamakan perbaikan di titik-titik yang mengalami kerusakan parah.

“Sekarang lalu lintasnya di sana juga relatif kecil, sehingga kalau kita tutup sebagian jalan sepanjang  dua atau tiga kilometer masih bisa aman,” katanya.

Menurutnya, perbaikan untuk jalur yang ke arah Jakarta baru akan dimulai setelah lebaran. Target penyelesaian seluruh proyek perbaikan ini diperkirakan sekitar 16 bulan hingga 18 bulan.

Ruas tol Kanci-Pejagan ditangani oleh PT Semesta Marga Raya, Badan Usaha Jalan Tol yang sahamnya semula dimiliki oleh PT MNC Infrastruktur Utama.

Saat ini, PT MNC Infrastruktur Utama bersama PT Waskita Karya telah membentuk perusahaan induk bernama PT Waskita MNC Trasn Jawa Toll Road yang akan mengusahakan bersama tiga ruas tol, termasuk Kanci-Pejagan. Dalam perusahaan baru tersebut, WSKT menguasai 61,5% saham dan MNC Infrastruktur menguasai 38,5%.

Dua ruas lainnya yakni ruas Pejagan-Pemalang dan Pasuruan-Probolinggo. Selain itu, WSKT dan MNC Infrastruktur saat ini juga tengah menjajaki peluang untuk memasukkan ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi yang dimiliki oleh MNC Infrastruktur ke dalam perusahaan induk tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper