Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo II Dapat Dana Segar US$215 juta

Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II Orias P Moedak menekankan perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT) dan Hutchison Ports Holding (HPH) menambah dana segar dari uang muka perjanjian sebesar US$215 juta.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II Orias P Moedak menekankan perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT) dan Hutchison Ports Holding (HPH) menambah dana segar dari uang muka perjanjian sebesar US$215 juta.

Kontrak itu juga telah meniadakan biaya technical know-how sebesar US$41,3 juta hingga 2019.

Dia menambahkan manfaat keuntungan dari kontrak yang diperpanjang hingga 2039 itu senilai US$486,5 juta atau setara Rp6,6 triliun.

“Sebelumnya, technical know-how 14,08% dari keuntungan bersih perusahaan setelah pajak. Dengan perpanjangan JICT perbandingan penerimaan Pelindo II dulunya 2:1, sekarang menjadi 5:1,” jelasnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Lebih lanjut, dia mengatakan perpanjangan kontrak itu juga mengembalikan Terminal JICT 2 kepada Pelindo II. Terminal itu berpotensi memberikan kontribusi sebesar US$81 juta hingga 2018. Selain itu, Terminal Peti Kemas Koja juga memperoleh uang muka sewa sebesar US$50 juta.

Perpanjangan kontrak ini juga membuat Pelindo II terhindar dari kewajiban membayar kembali nilai sisa aset saat berakhirnya kontrak sebelumnya pada 2019 sebesar US$58 juta. Masuknya investor asing ini, sambungnya, merupakan contoh membaiknya kepercayaan asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

“Kita juga keluarkan global bond senilai Rp20,8 triliun pada 23 April 2015. Jaminannya adalah kepemilikan saham pemerintah sebesar 51% atas aset,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper