Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BKPM Kejar Investor Sawit

Pemerintah akan terus mengejar komitmen investasi di sektor industri kelapa sawit kendati perekonomian Indonesia kurang mengembirakan.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 25 Agustus 2015  |  11:52 WIB
BKPM Kejar Investor Sawit
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani. - JIBI/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan terus mengejar komitmen investasi di sektor industri kelapa sawit kendati perekonomian Indonesia kurang mengembirakan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan pemerintah masih menjadikan industri sawit sebagai lumbung devisa negara. Dalam setahun, imbuh dia, ekspor minyak sawit mentah (CPOP) dan produk turunannya mencapai US$15 miliar dan berkontribusi 3% buat produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Industri itu mampu menyerap 4 juta tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran,” ucapnya dalam acara diskusi Indonesia Palm Oil Pledge di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Franky menuturkan sawit terus menjadi primadona investasi baik bagi pemodal asing maupun lokal. Selama semester I/2015, realisasi investasi perkebunan sawit mencapai Rp15,6 triliun dengan Rp10,6 triliun bersumber dari investor luar negeri.

Sementara itu, penyerapan investasi industri pengolahan sawit sebesar Rp7,36 triliun dengan didominasi penanaman modal dalam negeri sebanyak Rp5,8 triliun.

Mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu mengatakan pemerintah juga akan terus mengejar pengajuan rencana investasi atau izin prinsip sawit yang pada paruh pertama tahun ini mencapai Rp57,46 triliun.

“Kami akan kawal izin prinsip ini agar terealisasi hingga 2019 mendatang,” ujarnya.

Pemerintah menetapkan empat kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk industri pengolahan sawit. Keempat KEK itu adalah Sek Mangkei di Sumatera Utara; Tanjung Api-api, Sumatera Selatan; Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur; dan Morotai, Maluku Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpo sawit bkpm kelapa sawit franky sibarani kek
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top