Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menengok Dulu dan Kini Kawasan Wisata Belanja Cihampelas Bandung

Salah satu titik kemacetan di wilayah Kota Bandung yaitu jalur Jalan Cihampelas yang dikenal dengan kawasan wisata belanja yang tiap harinya pun sering dipadati pembeli dari luar kota, apalagi pada libur Lebaran seperti sekarang.
Cihampelas Bandung/disparbud.jabarprov.go.id
Cihampelas Bandung/disparbud.jabarprov.go.id

Bisnis.com, BANDUNG—Salah satu titik kemacetan di wilayah Kota Bandung yaitu jalur Jalan Cihampelas yang dikenal dengan kawasan wisata belanja yang tiap harinya pun sering dipadati pembeli dari luar kota, apalagi pada libur Lebaran seperti sekarang.

Cihampelas adalah nama jalan di Kota Bandung yang terkenal sebagai sentra produksi celana jeans. Banyak outlet yang menawarkan berbagai jenis pakaian berbahan dasar jeans, sehingga kawasan itupun  disebut “Jeans Street”.

Dinamai Jalan Cihampelas karena semula di daerah itu terdapat sebuah tempat pemandian atau kolam renang milik Belanda yang juga dinamai serupa, yaitu Tjihampelas (Cihampelas menggunakan ejaan lama).

Pada era kolonial Hindia Belanda, kawasan Cihampelas merupakan pemukiman orang Eropa, di mana gedung-gedung bergaya romantik Belanda banyak berdiri di kawasan itu. Dengan berakhirnya masa penjajahan, rumah tinggal di sana satu per satu berpindah tangan.

Tahun 1987, seorang pengusaha mencoba untuk mendirikan sebuah toko jeans di kawasan Cihampelas. Karena harga jeans yang dijual masih tergolong mahal sehingga kurang menarik minat pembeli.

Akhirnya para pengusaha memasarkan pakaian berbahan jeans dengan harga yang lebih murah. Setelah mendapatkan respon baik dari masyarakat, diikutilah oleh pengusaha lainnya sampai memadati jalan itu.

Cihampelas terus berkembang. Bila dulu hanya pusat perbelanjaan jeans, sekarang sudah terdapat beragam produk fashion lainnya dan berubah menjadi kawasan factory outlet (FO) serta telah dipadati hotel, kafe, mall, serta pedagang kaki lima.

Daya tarik lainnya bagi para pengunjung adalah adanya dekorasi figur-figur tokoh fiksi berukuran raksasa yang menghiasi toko-toko di sepanjang jalan, seperti Spiderman dan Superman, serta menjadi pemandangan menakjubkan bagi anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper